Tim Gugus Kalsel Bekerja Masif Lakukan Tracking, 24 Jam Terakhir ODP Covid 19 Bertambah 115 Orang

0
222

Banjarbaru- Hingga Minggu (29/3/2020) jumlah Pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di Rumah Sakit (RS) rujukan Covid-19 di Kalsel masih berjumlah 10 orang. Sementara yang positif terjangkit virus Covid 19 tetap satu orang dengan kode  Ulin 01 dan saat ini masih dalam perawatan intensif di RS Ulin Banjarmasin.

Namun berdasarkan data yang dirilis Gugus Tugas Pencegahan Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kalsel, hari ini pukul 10.00 WITA, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) terkait wabah Covid-19 sudah menembus lebih dari 1.132 orang.

Sebelumnya,  jumlah ODP di Kalsel sebanyak 1.017 orang hasil rilis data Tim Gugus Tugas Covid 19 tepat pukul 10.00 Wita hari Sabtu (28/3/2020) Kemaren. Artinya dalam 24 jam terakhir terjadi peningkatan ODP sebanyak 115 orang.

Jubir Tim Gugus Tugas P3 Covid 19 Kalsel HM Muslim mengatakan kerja dari tim Pemerintah dan tenaga medis semakin masif mendata orang-orang yang memiliki riwayat perjalanan luar daerah pada daerah terdampak Covid-19 atau yang pernah kontak dengan pasien positif.
Pasien dalam pengawasan (PDP) saat ini masih dalam perawatan di RS Ulin Banjarmasin.
Sampai saat ini, pemerintah masih mengusahakan tracking ODP dan melakukan rapid test kepada para ODP, namun seperti yang diungkapkan oleh Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kalsel, Muslim, diperlukan kerjasama masyarakat untuk bersikap kooperatif dan mau melaporkan dirinya apabila merasa memiliki gejala dan baru saja datang dari daerah terdampak Covid-19.

Tim Gugus Tugas juga sedang menyiapkan karantina khusus ODP dengan gejala ringan. “Akan kita tempatkan di suatu tempat yang sudah kami siapkan, ada beberapa tempat, saat ini kita sedang menyiapkannya sesuai dengan protokol kesehatan,” terang Muslim.

Langkah ini adalah upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Dengan adanya tempat ini juga, Rumah Sakit Rujukan tidak terlalu terbebani orang dengan gejala ringan. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here