KPH Tabalong Gelar Penyemprotan Disinfektan Asap Cair di Mabuun

0
185

TANJUNG – Usai Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor melakukan kick off penyemprotan disinfektan, Senin (6/4) tadi, seluruh KPH di Kalsel serentak bergerak melaksanakan penyemprotan disinfektan asap cair.

Termasuk KPH (kesatuan pengelola hutan) Tabalong yang beranggotakan 12 orang dan dipimpin Zainal Abidin, Kepala Seksi Perlindungan Hutan KPH Tabalong

“Sesuai instruksi pak gubernur lewat Kadishut Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq, kita akan terus bergerak cepat. Setiap hari melakukan penyemprotan agar mencegah penyebaran Covid-19. Pastikan kita semua memakai APD yang lengkap untuk melindungi diri dan ingat untuk tetap jaga jarak,” tegas Zainal.

Target penyemprotan disinfektan adalah Kompleks Perumahaan Mabuun Asri dan Flamboyan. “rumah penduduk, tempat-tempat umum seperti masjid/langgar, pos keamanan hingga jalanan. Semua disemprot,” kata Zainal.

Disinfektan yang digunakan berbahan alami dari asap cair, sehingga ramah lingkungan. Asap cair atau cuka kayu adalah cairan organik alami yang dihasilkan dari kondensasi asap pembakaran.

Dari uji coba yang dilakukan BLI (Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, cuka kayu memiliki daya bunuh terhadap virus, bakteri, dan kuman. Lebih kuat tujuh puluh kali lipat dibanding alkohol.(eriana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here