24 ODP Klaster Gowa Dikarantina

0
274

Banjarbaru – Sebanyak 24 ODP klaster Ijtima Gowa Sulawesi Selatan saat ini dilakukan karantina di Banjarbaru. “Tercatat hingga hari ini gedung karantina khusus di Banjarbaru melakukan isolasi terhadap 25 ODP, 24 diantaranya dari klaster Gowa dan 1 lainnya ODP berasal dari Kalteng,” ungkap HM Muslim Kadinkes Kalsel yang juga Jubir Percepatan Penanganan Covid 19, Senin (13/4) sore dalam keterangan persnya.

Pada masa karantina, seluruh kebutuhan hidup ODP ditanggung oleh Pemprov Kalsel melalui Gugus Tugas Provinsi. Para ODP dipantau dan dirawat secara intensif oleh tenaga medis dari Tim Gugus Tugas maupun bantuan tenaga medis dari rumah sakit terdekat yang ada di Kota Banjarbaru.

Gedung karantina juga dijaga oleh aparat keamanan untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan terjadi selama masa karantina.

Dalam keterangan persnya, Muslim juga melaporkan perkembangan terbaru pelaksanaan rapid test di Kalsel. Hingga pada hari Senin (13/4) telah dilakukan rapid test terhadap 1159 orang baik dari ODP, tenaga medis,  PDP ataupun kontak erat.

Hasilnya menunjukkan 115 orang reaktif sedangkan non reaktif sebanyak 1044 orang. “Prosentase yang reaktif adalah 9,9 persen,” tambah Muslim.

Dijelaskan Muslim pelaksanaan rapid test berguna untuk menentukan langkah penataan lebih lanjut untuk melakukan upaya lebih lanjut baik melakukan isolasi mandiri, isolasi khusus atau isolasi di RS rujukan. “Rapid test juga dilakukan sebagai upaya pemetaan, tracking dan tracing dalam rangka memutus mata rantai penularan covid 19,” kata Muslim. ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here