BANJARBARU – Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, H Rudy Resnawan menekankan pentingnya pengendalian Covid-19 hingga ke tingkat RT.

Pengendalian informasi oleh Ketua RT menjadi kunci utama dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.

Hal ini disampaikan Wagub pada saat rapat koordinasi percepatan penanganan Covid-19 bersama Bupati dan Wali Kota se-Kalsel di Banjarbaru, Senin (13/4).

Menurut Wagub, kunci utamanya adalah pengendalian informasi melalui pemetaan oleh Tim Gugus Tugas, mana RT yang steril maupun tidak.

“Kalau RT bisa melakukan pemetaan, dengan pemetaan kita bisa mengetahui daerah mana yang steril daerah mana yang tidak. Kalau yang tidak steril bisa dilakukan karantina skala kecil di wilayahnya, saya pikir ini menjadi kunci utama,” ucapnya.

Selain mengetahui melalui pemetaan dan sosialisasi, Tim Gugus Tugas juga dapat lebih mudah menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak.

Wagub mengatakan, Pemerintah Provinsi tentunya akan sangat men-support tindakan pencegahan seperti ini.

Sementara itu, Bupati Hulu Sungai Tengah, H A Chairansyah mengatakan sudah melakukan penyesuaian terhadap oraganisasi di tubuh Gugus Tugas.

Bupati juga menyampaikan, masih kurangnya alat pelindung diri (APD) dan alat Rapid Test di daerahnya, sehingga menjadi penghambat dalam percepatan penanganan Covid-19. (syh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here