KTH di Balangan Genjot Produksi Asap Cair

0
242

Balangan – Dinas Kehutanan mendukung Pemprov melalui Gugus Tugas untuk melakukan pencegahan penularan virus Covid 19 di Kalsel dengan melakukan. Penyemprotan massal disinfektan berbahan asap cair alami di berbagai wilayah.
Kadishut Hanif Faisol Nurofiq telah menginstruksikan agar seluruh KTH (kelompok tani hutan) yang telah dapat bantuan mesin pengolahan asap cair agar meningkatkan produksinya untuk memenuhi pasokan disinfektan.

Diantara puluhan KTH yang terus memacu produksi asap cair saat ini adalah KTH Rimba Lestari Junjung Buih Desa Ju’uh dan KTH Usaha Bersama Desa Mayanau di bawah binaan KPH Balangan.

“Sesuai arahan Kadishut, produksi asap cair dari beberapa KTH binaan KPH Balangan memang terus dipacu untuk memenuhi stok kebutuhan cairan disinfektan sebagai senjata pemutus mata rantai wabah Covid-19,” ungkap Arsin kepala RPH Tebing Tinggi, Senin (12/4) tadi.

Arsin mengatakan, asap cair alami tersebut selain untuk kebutuhan tim penyemprot KPH Balangan, juga sebagai stok untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Asap cair dibuat dari bahan- bahan alami seperti cangkang sawit, batang karet, bambu hingga sabut kelapa.

KPH Balangan telah melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai wilayah Kabupaten Balangan dalam seminggu terakhir. Kick off penyemprotan massal disinfektan dan pembagian asap cair secara simbolis dipimpin Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di halaman kantor Setdaprov, Banjarbaru beberapa waktu lalu. ary/fanie

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here