Pemprov Kalsel Rekonsiliasi Data Penerima Bansos Terdampak Covid

0
374

Banjarbaru – Pemprov Kalsel menggelar rapat rekonsiliasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial bersama 13 Pemerintah Kabupaten/Kota se Kalsel di Banjarbaru, Senin, (27/4).
Sekretaris Daerah Provinsi Abdul Haris mengatakan, Pemprov dan Pemerintah kabupaten/kota saat ini sedang tahap melakukan rekonsiliasi data jumlah penerima bantuan jaring pengaman sosial yang terdampak Covid-19.

Pemberian bantuan sosial tersebut akan di serahkan kepada masyarakat Terdampak Covid baik di daerah yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) maupun tidak yang menerapkan.

Melalui rekonsiliasi data terpadu ini akan mencocokkan  data bantuan sosial masing-masing karena bantuan sosial yang diberikan berasal dari beberapa sumber dana baik dari APBN maupun APBD provinsi dan kabupaten/kota.

Pemprov Kalsel juga akan membantu Kepala Keluarga (KK) yang terdampak Covid di daerah kabupaten/kota dengan skema sharing 30-70. “30 persen dari APBD Pemprov 70 persen dari APBD Kabupaten dan Kota,” ucap Ketua Harian Percepatan Penanganan Covid 19 ini.

Menurut Haris, pemerataan pemberian bantuan sosial lebih dikedepankan, sebab kondisi pandemi berdampak kepada banyak pihak.

“Pendataan masyarakat yang terdampak ini menjadi poin yang krusial dalam pemberian bantuan agar tepat sasaran. Ia memprediksi ada warga miskin baru karena mengalami penurunan ekonomi akibat Covid 19,” pungkasnya. (Syh/ary)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here