Lab BTKLPP Banjarbaru Percepat Penanganan Terduga Covid 19

0
516

Banjarbaru – Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Kalimantan Selatan HM Muslim mengatakan sejak tanggal 4 sampai 30 April 2020 sudah 976 spesimen yang diperiksa dengan metode Real Time Polymerase chain reaction (PCR) di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) di Banjarbaru.

Hal itu disampaikan Muslim pada saat memberikan keterangan pers di ruang Command Center, Kantor Setda Prov Kalsel, Banjarbaru, Jum’at (1/5) sore.

Menurut Muslim, pemeriksaan swab di BBTKLPP jauh lebih cepat jika dibandingkan di Laboratorium Litbangkes milik Kemenkes RI  di Jakarta. Pemeriksaan spesimen asal Kalsel di litbangkes Jakarta dari tanggal 15 sampi 31 Maret 2020 hanya sebanyak 66 spesimen.

“Pemeriksaan di BBTKLPP Banjarbaru 6 sampai 7 kali lebih cepat jika dibandingkan pemeriksaan litbangkes Jakarta,” ucapnya.

Disampaikan Muslim, dengan cepatnya mendapat hasil pemeriksaan tentunya dapat memudahkan tim gugus tugas dalam mengambil keputusan untuk mengisolasi di rumah sakit maupun isolasi secara mandiri untuk mencegah penularan lebih luas.

Muslim menambahkan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kalimantan Selatan telah mendistribusikan 6260 Rapid Test dari 7200 ke Kabupaten Kota. Dimana sebanyak 3827 terlaporkan hasilnya dan 616 dinyatakan reaktif atau 16,10 persen.
Hasil reaktif ini kemudian dilanjutkan dengan pengambilan swab untuk pemeriksaan menggunakan metode PCR di laboratorium BBTKLPP Banjarbaru. Syh/ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here