Temuan ODP dan PDP Meningkat

0
219

Banjarbaru – Penanganan Covid 19 di Kalsel terus mengalami perbaikan. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya temuan hasil kegiatan tracing, Tracking maupun testing oleh petugas surveilance epidemiologi di lapangan.

Temuan tampak pada peningkatan jumlah PDP maupun ODP yang dilaporkan Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kalsel, Sabtu (2/5) sore di Command center Setdaprov Kalsel di Banjarbaru.

Total kasus PDP hingga saat ini tercatat 34 kasus atau meningkat 10 kasus dibanding sehari sebelumnya.

Penambahan signifikan juga terjadi pada jumlah ODP yang saat ini tercatat 1273 orang. Meningkat dibanding sehari sebelumnya yang berjumlah 1234 orang.

Sementara total kasus positif sebanyak 179 kasus, 145 diantaranya dalam perawatan baik di rumah sakit atau isolasi mandiri dan karantina khusus, Dinyatakan sembuh 24 orang dan meninggal 10 kasus. Jumlah kasus positif pada hari ini tak ada penambahan.

Kegiatan tracing Tracking dan testing terus giat dilakukan untuk melakukan pemisahan terduga positif dan yang sehat. Makin  cepat temuan positif didapatkan makin baik sehingga bisa dilakukan pencegahan penularan dengan cepat.

“ semakin cepat kita temukan kasus positif maka semakin baik untuk mencegah penularan lebih luas,” paparnya.

Untuk itu Muslim meminta kepada orang- orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif yang ada agar berlaku jujur. Sehingga petugas akan cepat melakukan penanganan melalui rapid tes atau tes PCR. “Masyarakat yang pernah kontak erat dengan pasien positif agar jujur sehingga petugas medis bisa segera mendeteksi penularan sejak awal,” pinta Muslim. Ary/syh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here