HSU Catat Kasus Positif Pertama

0
401

Banjarbaru – Kabupaten HSU akhirnya mencatat kasus positif Covid pertama sejak pandemi terjadi. Berdasar data yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kalsel, Kamis (7/5) sore, HSU tercatat ada 2 kasus terkonfirmasi positif, PDP 1 pasien dan ODP sebanyak 8 orang.

“Temuan 2 kasus  positif di HSU adalah hasil tracing petugas atas klaster perjalanan Gowa,” ungkap HM Muslim Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 di Banjarbaru.

Pasien positif terpapar Covid di HSU adalah KS Covid 245 laki2 usia 67 tahun dan KS Covid 246 laki2 usia 48 tahun. Keduanya menjalani karantina khusus pada saat ini.

”Kondisi pasien yang baru terpapar ini dalam keadaan baik saat ini dan sedang menjalani karantina khusus,” ujar Muslim.
Dengan demikian seluruh kabupaten/kota se Kalsel terdapat temuan kasus positif.

Total kasus positif hari ini tercatat 246 kasus, sebanyak 190 diantaranya masih dalam perawatan baik di rumah sakit, karantina khusus atau isolasi mandiri.

Sementara kasus positif yang meninggal sebanyak 18 kasus dan dinyatakan telah sembuh sebanyak 38 kasus.

Temuan kasus positif pada hari ini mengalami peningkatan signifikan dibandingkan Kemaren yang tercatat 229 kasus.

Jumlah PDP pada hari ini tercatat 46 pasien, bertambah 4 kasus dibanding sehari sebelumnya. Sedangkan jumlah  ODP sebanyak 1106 orang atau berkurang 14 orang dibanding Kemaren.

Sebelumnya Muslim menjelaskan gugus tugas terus meningkatkan kegiatan surveilance epidemiologi seperti Tracking, tracing dan testing di lapangan. Hal itu dilakukan  agar secepatnya dapat menemukan dan menangani orang yang telah terindentifikasi alami kontak erat maupun dalam klaster terduga.

Semakin banyak temuan hasil Tracking dan tracing para teridentifikasi maka akan semakin mempercepat upaya pencegahan penularan Covid lebih luas lagi. (Ary/rny)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here