Pantau PSBB di Banjarbakula, Gugus Tugas Temui Tandon Air Kosong dan Warga Tak Pakai Masker

0
265

Banjarmasin – Tim Gugus Tugas Percepatan Penganan Covid 19 Kalsel memantau pelaksanaan PSBB di empat daerah sekaligus yaitu Banjar Bakula (Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar dan Batola) Sabtu (23/5). Tim pemantauan dipimpin Ketua Harian Gugus Tugas H Abdul Haris didampingi Wakil Ketua Harian Hanif Faisol Nurofiq serta unsur Muspida dari TNI dan Polri.

Lebih dari setengah hari tim gugus tugas berkeliling mengunjungi 11 pos pemeriksaaan PSBB, 3 pasar, serta 1 pusat perbelanjaan modern. Tiap pos pemeriksaan PSBB yang dikunjungi tim gugus tugas menyerahkan susu cair, sarung tangan dan masker untuk petugas jaga yang terdiri dari TNI, Polri, Dishub, Satpol PP hingga unsur Gugus Tugas Kabupaten/kota.

Pemantauan dimulai di Posko PSBB Terminal KM 6 Banjarmasin. Pos PSBB KM 7 Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar, Pos PSBB Simpang empat lampu merah pal 6, posko Pasar Antasari dan posko pasar Sudimampir.

Di Pasar Antasari, Gugus tugas sempat membagikan masker kepada masyarakat yang ada di sana sembari memberikan imbauan pencegahan penularan Covid 19. Haris sempat mencoba memutar Kran untuk cuci tangan yang ada di depan pasar, namun ternyata tak keluar air karena tandon kosong. Hal itu menarik perhatian Hanif yang berada di samping.

“Tolong ini tandonnya diisi minta ke Mobil Damkar,” pinta Hanif. Di Pasar Antasari juga  banyak ditemukan warga tak gunakan masker.

Perjalanan dilanjutkan ke Handil Bakti  perbatasan Banjarmasin dan Batola, ada dua posko di sana.

Kemudian dilanjutkan menuju Pos PSBB di Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar.

Setelah itu rombongan menuju pos PSBB Pasar Martapura sekaligus memantau kondisi di Pasar Batuah.

Di pasar, Hanif sempat memberikan masker kepada beberapa warga yang ia lihat tak menggunakan masker. Tolong dipakai maskernya ya bu,” tegur Hanif.

Usai di Pasar Martapura, rombongan menuju Posko PSBB di depan Q Mall sekaligus memantau pusat perbelanjaan hyper mart di dalam areal mall.

Tim gugus tugas sempat mendapat penjelasan dari manajemen hyper mart terkait protokol kesehatan pencegahan Covid yang dilaksanakan di sana.

Setelah itu rombongan menyambangi Pasar Banjarbaru yang siang itu nampak ramai pengunjung. Beberapa pedagang di sana juga sempat ditegur agar menggunakan masker.

Terakhir rombongan meninjau posko PSBB KM 17 depan Kota Citra Graha Banjarbaru. Tim Gugas sempat mendapatkan penjelasan terkait beberapa temuan orang terduga Covid oleh petugas jaga. “Ini harus jadi perhatian gugus tugas agar ada petugas layanan kesehatan yang stan by di sini,” kata Hanif.

Petugas jaga di di sana juga berharap agar disediakan kacamata Google sebagai alat pelindung saat bertugas. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here