Tim KIE Dishut Sosialisasi Pencegahan Covid Secara Masif di Kertak Baru dan Kebun Bunga

0
314

BANJARMASIN – Tim KIE Dishut Kalsel terus bergerak sejak seminggu terakhir mensosialisasikan protokol kesehatan pencegahan Covid 19 di dua kelurahan yaitu Kebun Bunga dan Kertak Baru Kota Banjarmasin. “Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap program sosialisasi yang dicanangkan Gubernur Kalsel Paman Birin untuk mencegah menyebarnya Covid-19,” ujar Syarif salah satu anggota Tim KIE Dishut, Jumat (29/5) di sela kegiatan sosialisasi di Banjarmasin.

Sosialisasi  dilakukan secara masif ke masyarakat dengan berbagai media. “Mulai menggunakan mobil pengeras suara, himbauan menggunakan pengeras suara mushola atau masjid, maupun dengan cara mendatangi kelurahan dan RT yang menjadi wilayah sasaran tim,” kata Syarif.

Sejumlah RT di kelurahan Kebun Bunga, Kelayan dan Kertak Baru setiap harinya didatangi tim KIE Dishut untuk diberikan sosialisasi tentang Covid 19. Sosialisasi dilaksanakan dengan melibatkan Lurah, Babinsa, dan Penyuluh Kesehatan wilayah sasaran.
Dalam sosialisasi tersebut, selain membagikan spanduk dan poster pencegahan Covid 19 serta masker gratis. Tim juga mendata beberapa kebutuhan tiap RT guna upaya menekan laju penyebaran virus ini.

Beberapa Ketua RT di lokasi sosialisasi daerah Kertak Baru juga menyampaikan beberapa fasilitas yang mereka butuhkan untuk ini turut membantu menekan laju penyebaran virus di daerah mereka.

“Di sini kami memerlukan masker untuk dibagikan kepada warga serta satu buah tandon (CTPS),” ungkap Humaidillah, ketua RT 12 Kelurahan Kertak Baru Ilir.
Selain masker dan tandon CTPS, RT 12 juga memerlukan dua buah alat semprot punggung untuk penyemprotan disinfektan, “kami punya satu (alat semprot), namun kami menggunakannya secara bergantian dengan RT lainnya. Kalau boleh, kami minta difasilitasi alat semprot dua buah,” ujarnya sambil tersenyum.

“Diharapkan, dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi oleh tim KIE ini dapat menekan laju penyebaran Covid 19 di wilayah Kalimantan Selatan,” ujar Syarif.(Ary/dende)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here