Kebun Bibit Desa Riam Pinang Binaan Dishut Menuai Hasil

0
361

PELAIHARI – Kebun Bibit Desa di Dusun Riam Pinang, Desa Tanjung, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut mulai menampakkan hasil.┬áKetua Kelompok Tani Hutan Riam Pinang Tri Harjo Laksono mengatakan, awalnya mereka tidak begitu berminat untuk usaha persemaian ini. Namun atas penjelasan dari penyuluh kehutanan, mereka menjadi tertarik.

“Dan akhirnya kami sepakat untuk ikut melakukan usaha persemaian, “katanya.

Tahap awal kami menyemai sesuai apa yang ditargetkan Dinas Kehutanan Kalsel, yaitu 40 ribu batang. Seiring berjalannya waktu, ternyata warga sudah mulai mengetahui akan keberadaan kebun bibit desa. Bukan hanya itu, bahkan dari para IPPKH dan vendor pelaksana Rehab DAS sebagian bermitra dengan mereka.

Di kebun bibit desa Riam Pinang kini tersedia tanaman jenis karet, petai, jengkol, durian, randu, dan jambu mete. “Total ada 84 ribu batang tanaman,” ucapnya.

Tri menjelaskan, saat ini mereka akan meningkatkan kapasitas bibit sebanyak 120 ribu batang. Dengan jenis sama yang ada dan ditambah tanaman aren serta tanaman hias seperti melati dan sambang darah.

Selain penambahan jenis tanaman, juga dibangun pagar di sekeliling lokasi kebun agar aman dari sapi dan binatang penggangu lainnya.

“Sekarang kami sudah merasakan hasilnya,” pungkas Tri.

Khairullah, koordinator penyuluh kehutanan meminta para anggota KTH Riam Pinang agar tetap semangat dan selalu berinovasi dalam meningkatkan ketersediaan bibit.

“Kedepannya, Riam Pinang bisa bersaing dengan yang lain bahkan menjadi percontohan,” harapnya. (rizani/ary)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here