Tes Swab Masif Dimulai 14 Agustus, Pemprov Kalsel Siapkan Fasilitas Penanganan

0
642

Banjarbaru – Tes swab masif di seluruh Kabupaten/Kota Kalsel sebanyak 10 ribu specimen menargetkan 50 persennya berhasil menemukan terkonfirmasi positif Covid 19. Berdasarkan hasil rapat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 di aula BPBD Provinsi Kalsel, Kamis (30/7) direncanakan secara serentak swab test 10 ribu specimen dimulai pada 14 Juli mendatang.

“Bila keperluan logistik dan sumber daya sudah siap maka swab test akan dilaksanakan mulai 14 Agustus 2020,” kata Roy Rizali Anwar wakil ketua harian gugus tugas percepatan penanganan Covid 19 Kalsel.

Adapun sasaran yang akan dilakukan tes swab adalah para kontak erat yang teridentifikasi. “Diharapkan dengan tes swab masif ini dapat ditemukan semua terpapar Covid yang masih belum ditangani sehingga memutus mata rantai penularan,” kata Roy.

Sementara Sukamto Koordinator karantina khusus Gugus Tugas Provinsi Kalsel mengatakan untuk mengantisipasi terkonfirmasi positif hasil swab masif, semua kemampuan dan kapasitas di fasilitas kesehatan tersedia akan dioptimalkan. Pemprov Kalsel telah menyediakan 6 tempat karantina khusus dengan kapasitas 949  tempat tidur. “Selain itu karantina khusus di kabupaten kota juga telah disiapkan untuk menampung lonjakan kasus positif akibat swab test masif ini,” kata Sukamto.

Untuk kapasitas karantina yang ada di kabupaten/kota bila dijumlahkan diperkirakan mampu menampung 1017 terpapar Covid 19

Selain melakukan treatment melalui karantina khusus, sebagian terkonfirmasi positif akan dilakukan karantina secara mandiri dengan pantauan yang ketat melibatkan RT/RW.

“Bagi terkonfirmasi tanpa gejala dan bergejala ringan akan ditempatkan di karantina khusus dan karantina mandiri,” kata Sukamto.

Sementara untuk terkonfirmasi positif dengan komorbid akan diisolasi di rumah sakit rujukan maupun non rujukan yang memiliki ruang isolasi. bdm/ary

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini