Bukit Manjai Punya Tanjakan Warik

0
1701

Banjar – Bukit Manjai bukan hanya menawarkan keindahan view dari puncak bukitnya, tapi juga memiliki jalur pendakian menantang. Bukit Manjai memiliki tinggi 337 mdpl, terletak di Desa Mandiangin Timur Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.

Letaknya tak terlalu jauh dari pinggir jalan raya menuju PLTA Riam Kanan Aranio. Lokasi parkir tersedia tepat di pintu masuk jalur menuju bukit.

Keunikan Bukit Manjai adalah memiliki trek yang cukup curam atau disebut warga setempat tanjakan Warik. Hampir 80 persen treknya berupa tanjakan yang curam.

Jalur pendakian juga banyak ditumbuhi pohon.

Setelah tanjakan Warik, ada pos 1 untuk istirahat. Menuju puncak, juga akan melewati tanjakan terjal.

Namun tak perlu khawatir karena pengelola wisata sudah menyediakan  tali dan kayu untuk berpegangan.

Di tanjakan yang curam, tanahnya juga dibentuk tangga agar memudahkan pendaki.

Di puncak bukit, kita bisa menyaksikan pemandangan Banjarbaru – Martapura dari kejauhan. Selain itu terlihat nampak hamparan bukit di wilayah  Tahura Sultan Adam dan Awang Bangkal Kecamatan Aranio.

Fathul selaku pengelola mengatakan wisata hiking Bukit Manjai telah dibuka sejak 2018. “Di sini ramai tiap libur dikunjungi untuk camping, sempat tutup berbulan-bulan akibat wabah Covid tapi sekarang dibuka lagi,” kata Fathul.

Bukit Manjai dibuka pertama kali oleh Fathul dan beberapa warga desa serta komunitas pecinta alam topi purun. Manjai singkatan dari Mandiangin – Sei Binjai sesuai letak bukit ini di Dusun Sei Binjai Desa Mandiangin Barat.

 “Rencananya pengelolaan Bukit Manjai ini oleh Pokdarwis Mandiangin Barat setelah dibentuk nanti,” kata Fathul yang juga bekerja sebagai penjaga keamanan di Tahura Sultan Adam ini.

Ia berharap agar para pecinta alam yang datang ke Bukit Manjai agar tak membuang sampah sembarangan. “Di sini bebas mau datang siang atau malam tapi jangan berbuat macam-macam dan perhatikan sampah agar dibawa turun lagi untuk dibuang ke tempat sampah,” pungkas Fathul. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here