Air Terjun Janda Beranak Tiga, Spot Wisata Alam Desa Kiram,

0
2077
Foto-foto : Ahmad Arya /Jejakbanua.com

Banjar – Air Terjun Janda Beranak Tiga terletak di Desa Kiram Atas Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Baru saja dikelola sebagai lokasi wisata alam pada akhir Desember tahun 2020 ini

Lokasinya tak jauh dari pemukiman penduduk Desa Kiram. Sebelum menuju Puncak Gunung Mawar, ada jalan aspal ke kiri masuk di sana. Lurus saja ikuti jalan kemudian melewati jalan belum di aspal, tak jauh dari sana ada pos retribusi bayar masuk ke Air Terjun Janda Beranak Tiga.

Setelah bayar retribusi masuk, anda punya pilihan, bisa jalan kaki sekitar 20 menit atau menggunakan jasa ojek yang siap sedia di sana untuk diantarkan ke lokasi air terjun. Sepanjang jalan menuju air terjun kita  menyusuri pemandangan pegunungan dan menyeberangi beberapa titik sungai.

Lokasi air terjun cukup panjang bila ditelusuri hingga ke hulunya. Menurut warga setempat hulu air terjun berasal dari Gunung Mandiangin atau Tahura Sultan Adam. Arus sungai sangat deras pada musim penghujan. Ada sekitar 8 hingga 10 titik air terjun rendah atau Mandin di sepanjang sungai dengan riam yang cukup deras.

Air terjun Janda Beranak Tiga posisinya tepat di lembah Gunung Pamaton.

Banyak pengunjung yang datang memanfaatkan untuk merasakan mandi di riam deras. Apalagi airnya sangat jernih langsung dari gunung.

Suasana sekitar juga masih alami dengan kontur alam pegunungan.

Wisata air terjun dikelola pemerintah desa Kiram melalui Bumdes Karya Bersama. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here