Paman Birin Sidak Pengerjaan Jembatan Awang Bangkal

0
1567

Banjar – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor melakukan inspeksi mendadak pengerjaan jembatan Awang Bangkal Timur, Sabtu (9/1/2021) siang tadi. Kehadiran Paman Birin  yang menggunakan motor trail, disambut para pekerja jembatan yang sedang berada di sana.

“Kehadiran kita di sini untuk melihat langsung kondisi pengerjaan jembatan Awang Bangkal Timur karena jembatan ini cukup vital untuk mengkoneksikan jalur bebas hambatan antara  Tanbu, Kabupaten Banjar dan Banjarbaru,” kata Paman Birin.

Ia berharap pelaksana kegiatan mempercepat penyelesaian jembatan pada tahun 2021. “Dengan adanya jembatan ini kita harapkan daerah pelosok dan perkotaan di Kalsel terkoneksi sekaligus mengangkat perekonomian masyarakat di daerah pedalaman yang selama ini sulit diakses karena faktor jalan,” harap Paman Birin.

Dinas PUPR Kalsel saat ini sedang mengerjakan tiga jembatan di jalur bebas hambatan Tanbu – Banjar yaitu jembatan Awang Bangkal Timur, Jembatan Sungai Kusan II dan Jembatan Sungai Temunih II. Jembatan Awang Bangkal berkonstruksi box girder baja.

Kadis PUPR Kalsel Roy Rizali Anwar melalui Kasi jembatan Yudha Aditya sebelumnya mengatakan box girder baja menerangkan Panjang jembatan Awang Bangkal Timur sekitar 120 meter dengan lebar 9 meter. Pengerjaan jembatan diperlukan penanganan khusus karena titik lokasi jembatan berada di antara dua bukit yakni Pelawangan dan Patra Bulu.

“Lokasi jembatan berada di antara dua bukit karena itu perlu penanganan khusus, dasar sungainya berbentuk huruf V, ini kan pertemuan antara dua bukit,” kata Yudha.

Masyarakat setempat menurut Yudha mendukung kegiatan pembangunan jembatan. Pasalnya jembatan menghubungkan dua desa yaitu Awang Bangkal Barat dan Awang Bangkal Timur.

Ruas jalan bebas hambatan antara Tanah Bumbu dan Kabupaten Banjar sepanjang 160 kilometer. Namun bila dihitung dari Bundaran Simpang Empat Banjarbaru sepanjang 180 kilometer.

Untuk mengkoneksikan jalan bebas hambatan sepanjang 160 kilometer tersebut, ada tujuh jembatan yang telah dibangun Pemprov Kalsel yaitu empat jembatan pada tahun anggaran 2019 dan tiga jembatan pada tahun anggaran 2020. Di sepanjang jalan tersebut, Dinas PUPR juga telah membangun  20 titik konstruksi box culvert sebagai saluran air. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here