Menko PMK Nilai Ketahanan Lingkungan Kalsel Lemah

0
159

Banjarbaru – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendie menyerahkan bantuan lintas kementerian dibawah Kemenko PMK yang diperuntukkan bagi penanganan dampak banjir di Kalsel. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Muhadjir saat mengunjungi Shelter penyintas banjir Kalsel di Balai Besar Pendidikan dan Peatihan Kesejahteraan Sosial di Jl Trikora Banjarbaru, Kamis (21/1) siang.

Penerima bantuan antara lain Dinas Kesehatan Kalsel, Dinas Sosial Kalsel,  BPBD Provinsi Kalsel, Dinas Pendidikan Kalsel, dan BKKBN Kalsel. Bantuan yang diserahkan berupa bantuan tanggap darurat untuk berbagai bidang seperti perahu karet, perlengkapan dapur, sembako obat, pelayanan kesehatan, alat pendidikan dan lain-lain. Selain itu juga diserahkan dana siap pakai masing-masing Rp 500 juta untuk penanganan dampak banjir di HSU, Banjarmasin dan Banjarbaru. Bantuan diterimakan oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya dan Sekda HSU Syaifullah.

Untuk Dinsos Kalsel juga dapat bantuan korban banjir senilai Rp 2,5 milyar dari Kemensos RI.

Dalam lawatannya di BBPPKS, Muhadjir didampingi Pj Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar. Ia sempat mengunjungi dan berkomunikasi para penyintas banjir yang sedang ditampung di sana.

Total ada 256 pengungsi yang ada di shelter BPPKS sejak dibuka 15 Januari 2021 lalu.

Muhadjir saat ditemui di BPPKS mengatakan agar penentu kebijakan maupun masyarakat menyadari bahwa ketahanan lingkungan di Kalsel masih rendah. “Perlu koreksi radikal terhadap penataan lingkungan karena bencana tersebut akibat salah kelola lingkungan,” kata Muhadjir.

“Kalau daya tahan  lingkungan sudah bagus maka mestinya banjir tak separah ini,” katanya.

Ia pun meminta masing-masing pemerintah daerah agar secepatnya melakukan penanganan kedaruratan dan kemudian menangani pasca bencana berupa perbaikan infrastruktur dan lain-lain.

Usai melakukan kunjungan di shelter BPPKS, rombongan Menko PMK mendatangi posko pengungsi banjir Pemkab Banjar di Stadion Demang Lehman. Seperti diketahui sebelumnya Presiden Jokowi juga telah mengunjungi posko pengungsi di Stadion Demang Lehman Martapura. Di Stadion Demang Lehman Muhadjir  meninjau langsung Kondisi tempat pengungsian seperti dapur umum lapangan, lokasi layanan dukungan psikososial dan layanan kesehatan untuk para pengungsi korban banjir. Serta memberi arahan dan penyerahan bantuan kepada korban bencana banjir.

Menko PMK melanjutkan lawatan dengan kunjungan ke Puskemas Sei Tabuk untuk memantau kondisi pelayanan kesehatan di sana. Lawatan diakhiri dengan mengunjungi Posko Pengungsi di Terminal Induk KM 6 Banjarmasin sekaligus menyerahkan bantuan para pengungsi banjir di sana. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here