Pertamina Kirim Bantuan BBM ke HST

0
229

Banjarbaru – Pertamina Regional Kalselteng mengirimkan bantuan bahan bakar minyak untuk penanganan dampak banjir di wilayah Hulu Sungai Tengah. Bantuan direncanakan berupa solar sebanyak 1000 liter, Pertamax 300 liter dan Minyak Tanah 300 liter.

Drestanto Nandhiwardana Sales Area Manager PT Pertamina Regional Kalselteng mengatakan pengiriman bantuan direncanakan melalui udara yakni mengunakan helikopter milik BNPB dari Bandara Syamsuddin Noor. “Rencana kita take off jam 10.00 pagi tadi namun batal akibat cuaca yang buruk,” kata Drestanto ditemui di Bandara Syamsuddin Noor Rabu (27/1) tadi.

Namun dipastikan pengiriman bantuan segera akan dilakukan menunggu cuaca baik. “BBM sudah kita tempatkan di Bandara jadi kita menunggu cuaca baik untuk berangkat,” katanya.

Rencananya bantuan akan didrop menggunakan heli di dua titik yaitu Stadion Murakata Desa Mandingin dan Desa Datar Ajab Kecamatan Hantakan HST. “Untuk bantuan solar akan didrop di Stadion Murakata dan bantuan pertamax serta minyak tanah di Datar Ajab,” terang Drestanto.

Bantuan solar bakal digunakan untuk BBM operasional alat berat yang digunakan dalam proses pemulihan di wilayah Barabai. Sementara bantuan pertamax diperuntukkan untuk BBM motor trail guna kepentingan akomodasi di wilayah Datar Ajab dan sekitarnya, lalu untuk minyak tanah digunakan untuk keperluan masyarakat memasak karena saat ini wilayah Datar Ajab sulit dijangkau akibat jalan longsor.

Dalam proses pengiriman bantuan pihak Pertamina didukung dan berkoordinasi dengan BPBD Kalsel serta Danlanud Syamsuddin Noor.
Sementara 
Romi tim CSR Pertamina  menambahkan hingga saat ini Pertamina telah menyalurkan bantuan senilai Rp 800 juta untuk penanganan korban banjir di Kalsel. “Bantuan kita serahkan bertahap dan dibantu Tim ACT Kalsel, berupa sembako, perahu karet, berbagai kebutuhan hidup para pengungsi dan lain-lain,” ujar Romi.

Kasubid Kedaruratan BPBD Kalsel Syahrudin Dinarja menambahkan pengiriman BBM bantuan Pertamina akan segera dilakukan apabila kondisi cuaca mendukung. “Hari ini cuaca buruk dan untuk landing di Datar Ajab beresiko karena lokasi landing di sungai yang berbatu,” kata Dinarja.

Sebelumnya pagi tadi, BPBD Kalsel menggunakan heli BNPB telah mengirimkan bantuan sembako, obat dan berbagai keperluan hidup ke daerah Datar Ajab. “Tapi waktu akan berangkat lagi mengantarkan bantuan BBM cuaca memburuk jadi kita tunda,” kata Dinarja. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here