Terdampak Banjir, Fasilitas Air Terjun Lodang Paring Tali Akan Diperbaiki

0
246

Banjar – Pasca Terdampak Banjir bandang pada awal Januari 2021 lalu kunjungan ke wisata alam air terjun Lodang Paring Tali menyusut. “Ya memang sejak setelah kejadian banjir, pengunjung sepi sehingga terkadang tak ada yang jaga di pos retribusi masuk,” kata Iwar, salah satu pengelola wisata alam di Desa Kiram Atas Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar tersebut.

Dampak banjir menyebabkan kerusakan jalan menuju air terjun yang jaraknya kisaran 1 kilometer dari Villa Aranaway Kiram. “Kalau habis hujan jalannya becek dan licin, tapi kalau pas kering bisa dilalui,” katanya.

Direncanakan jalan tersebut nanti akan diperbaiki oleh warga secara gotong royong. “Rencananya jalan akan kita perbaiki dengan gotong royong, tapi menunggu waktu tepat karena puluhan rumah warga sini juga rusak bahkan terseret akibat banjir,” katanya.

Hasil pemasukan dari kunjungan ke Air Terjun Lodang Paring Tali nanti bakal digunakan untuk dana rehab masjid Ibaduddin Desa Kiram Atas. “Insya Allah pemasukan dari wisata Lodang Paring Tali akan kita gunakan untuk dana memperbaiki masjid,” katanya.

Direncanakan pihaknya juga bakal membuat gazebo-gazebo tempat istirahat pengunjung di beberapa titik lokasi. Mengenai jumlah pengunjung pasca banjir, memang masih ada namun jauh berkurang dibanding sebelum banjir.

Air terjun Lodang Paring Tali baru dibuka akhir tahun 2020 lalu menjadi spot wisata alam oleh warga RT 3 Kiram Atas Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Air terjun Lodang Paring Tali terdiri dari sungai yang hulunya di puncak bukit.

Ada 6 tingkatan air terjun hingga di puncak bukitnya. Selain menikmati mandi, kita juga dapat hiking menuju puncak bukit. 

Jaraknya dari kaki bukit hingga tingkatan air terjun tertinggi ratusan meter. Ary 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here