Bendungan Tapin, Potensi Wisata Baru di Kalsel

0
327

Tapin – Bendungan Tapin atau bisa juga disebut Bendungan Pipitak Jaya terletak di wilayah Desa Pipitak Jaya Kecamatan Piani Kabupaten Tapin. Bendungan Tapin memiliki view yang indah karena berada Pegunungan Meratus.

Jalan berkelok-kelok dan tanjakan tajam mewarnai perjalanan menuju bendungan tersebut. Namun, infrastruktur pendukung masih ada kerusakan dan belum memadai karena sebagian jalan masih berbatu-batu. Apalagi ada tanjakan tikungan yang panjang saat menuju Desa Pipitak Jaya.

“waktu masih pembangunan ada truk atau pikap  pembawa material yang tak mampu naik karena jalan berbatu, kecuali mobil biasa baru mampu naik,” kata Jali warga Miawa.

Pemprov Kalsel melalui Dinas PUPR pada tahun anggaran 2020, sudah memperbaiki jalan ruas Bitahan – Pipitak Jaya namun baru 8 kilometer. Sisanya akan diperbaiki bertahap sesuai anggaran yang tersedia.

Panjang jalan Bitahan ke Pipitak Jaya hampir 30 kilometer dengan melewati beberapa desa di Kecamatan Piani.

Selain lewat Bitahan, menuju bendungan juga bisa melewati jalan By Pass Rantau, namun sebagian besar jalan juga rusak.

Bendungan Tapin dibangun sejak 2015 hingga 2021 itu menghabiskan anggaran sebesar Rp 986 miliar.

Bendungan Tapin memiliki kapasitas 56,7 juta meter kubik air yang berperan sangat penting dalam pengendalian banjir, ketahanan pangan karena bisa menyediakan irigasi seluas 5.472 hektare menyediakan air baku 0,50 meter kubik per detik, dan dapat menghasilkan tenaga listrik sebesar 3,3 mega watt.

Saat peresmian, salah satu warga juga menyampaikan  apresiasinya atas pembangunan bendungan Tapin. “semoga dengan adanya Bendungan Tapin ini masyarakat bisa lebih sejahtera kedepannya dan menginginkan tempat pariwisata di bendungan ini agar terbuka usaha untuk masyarakat,” ujar warga tersebut.

Bendungan Tapin masuk dalam daftar proyek strategis nasional diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 109 Tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here