MTQ Kalsel Secara Virtual Digelar Mulai Besok

0
152

Banjar – MTQ Kalsel ke XXXIII bakal digelar mulai besok Rabu (7/4) sampai Jumat (9/4) mendatang. “Kegiatan MTQ secara virtual  dilaksanakan dengan waktu lebih singkat, mulai besok sampai tanggal 9 April 2021, semua cabang lomba tetap dipertandingkan,” kata Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA dalam konpers secara virtual didampingi jajaran LPTQ dan Polda Kalsel, Selasa (6/4) sore.

Direncanakan MTQ virtual ini dilaksanakan dengan sistem gugur tanpa ada babak penyisihan. “Jadi waktu pelaksanaan dapat dilakukan sesingkatnya,” tambah Safrizal.

Kesiapan MTQ virtual mulai besok dipastikan pula setelah para peserta MTQ yang terlanjur datang ke Kabupaten Tanah Bumbu sudah pulang ke daerah asal masing-masing. “Sementara terkait peserta MTQ yang terdeteksi terpapar Covid 19, sebagian masih dilakukan isolasi di Tanah Bumbu dan dilakukan perawatan hingga sembuh,” tambah Safrizal.

Pelaksanaan MTQ Virtual akan menggunakan live streaming dari berbagai aplikasi sebagaimana yang dipersyaratkan. Prosesnya juga melaksanakan standar protokol kesehatan.

“Sementara dewan juri atau hakim akan terpusat di Batulicin Tanah Bumbu, dan peserta akan ikut lomba daro daerah asalnya masing-masing,” katanya.

Masyarakat juga dapat menyaksikan perhelatan MTQ virtual ini dari layar TV yang telah bekerjasama menyiarkan MTQ serta Channel YouTube live streaming. 

“Nanti panitia MTQ akan dibantu Diskominfo Kalsel dalam menyiapkan IT-nya,” terang Safrizal.

Kepada masing-masing kafilah di daerah juga diminta melarang masyarakat untuk berkumpul menonton lomba MTQ virtual ini. “Kalau nanti ada kerumunan maka Satgas Covid 19 Kalsel siap untuk menghentikannya,” pesan Safrizal.

Diimbau kepada masyarakat agar menonton tayangan lomba MTQ di rumah masing-masing melalui Channel YouTube maupun televisi. “”Panitia agar tak memfasilitasi acara nonton MTQ di daerahnya yang dapat menimbulkan kerumunan, mohon ini semua dapat dimaklumi, kita semua berharap pelaksanaan MTQ tetap berjalan lancar dan syiar Islam tetap terjaga,” kata Safrizal. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here