Banjarbaru – Bakeuda Kalsel melakukan pengkajian dan penataan akan potensi pendapatan daerah baru guna meningkatkan pendapatan daerah. “Kita tak berdiam diri dengan adanya penurunan pendapatan asli daerah akibat pandemi dan bencana, saat ini kita pendataan potensi pendapatan daerah dari pajak bahan bakar kendaraan bermotor untuk industri dan berbagai potensi lainnya,”’kata Kabid Pendapatan Daerah Bakeuda Kalsel H Rustamaji, Kamis (8/4) tadi. 

Hal ini dilakukan dalam rangka optimalisasi pajak daerah karena diakui Rustam pendapatan asli daerah kalsel dari sektor industri cukup signifikan selama ini.

“Setelah didata tentunya akan kita lakukan sosialisasi terlebih dahulu, nanti pada saat perekonomian membaik kita akan lakukan penagihan,” katanya.

Ke depannya, pengusaha yang bisnis di Kalsel namun domisili luar daerah maka NPWP-nya juga harus di Kalsel. “Jadi bayar pajaknya mereka harus di Kalsel juga bukan di daerah asalnya,” kata Rustam.

Potensi pajak lain yang saat ini sedang disasar adalah pajak air permukaan namun hal ini perlu disosialisasikan lebih luas lagi. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here