Banjarmasin – PKK Kalsel diminta turut mensosialisasikan protokol kesehatan (prokes) hingga tingkat masyarakat di wilayah pedesaan. “Kita  harapkan PKK juga dapat turut serta membantu penegakkan protokol kesehatan secara menyeluruh sampai ke tingkat desa,” kata Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA di Mahligai Pancasila saat menghadiri gelar khitanan massal oleh PKK Kalsel, Kamis (22/4). 

Sebelumnya Tim Penggerak PKK Provinsi Kalsel juga aktif menggalakan sosialisasi penggunaan dan pembagian masker sembari mempromosikan potensi-potensi daerah Kalimantan Selatan serta diselingi pembagian bantuan untuk masyarakat terdampak banjir di beberapa daerah di Provinsi Kalsel. 

Menurut Safrizal, PKK adalah suatu organisasi di dunia, yang kepengurusannya mulai level dunia sampai level rumah tangga. 

Di tingkat nasional ada, tingkat provinsi dan kabupaten dan kota juga ada, kecamatan ada bahkan hingga level RT/RW. “Oleh karenanya ada keinginan besar dari Pemerintah, agar PKK dapat membantu program kerja Pemerintah diantaranya penanganan Covid 19 sekaligus menciptakan keluarga sejahtera secepat-cepatnya,” katanya.

Terkait khitanan massal. Safrizal juga harapkan kegiatan khitanan massal ini tidak berhenti sampai di sana namun dapat dilakukan juga di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Hari ini adalah kegiatan sunatan masal, sesuatu yang diperintahkan oleh agama Islam. Oleh karenanya walaupun dalam era pandemi, dimana sebelum pandemi biasanya kita lakukan secara massive, tapi hari ini kita batasi hanya 100 anak saja untuk dilakukan khitanan masal. Nanti juga kita minta di Kabupaten Kota melakukan hal yang sama, mudah-mudahan upaya ini merupakan salah satu syiar Islam dan bentuk bakti dari ibu-ibu PKK” tutup Safrizal. Ary/Ran 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here