Tambang Ulang Ciptakan Inovasi Apam Manis

0
253

Tanah Laut – Ditengah pandemi penyebaran Covid-19 yang masih berlangsung, jajaran di Kecamatan Tambang Ulang membuat sebuah inovasi dinamakan program Apam Manis atau Apresiasi Pemakai Masker Masyarakat Negeri Indonesia. Inovasi tercipta hasil kolaborasi melibatkan pihak Kecamatan, Polsek, Koramil dan Puskesmas di Kecamatan Tambang Ulang. Tujuannya untuk mengapresiasi masyarakat yang telah sadar memakai masker atau menjalankan protokol kesehatan (prokes) di ruang-ruang publik.Apresiasi yang diberikan berupa pemberian piagam penghargaan, serta sembako bahkan voucher pulsa gratis senilai 100 ribu rupiah.
Menurut dr Aulia Rahman, salah seorang tenaga kesehatan di Puskesmas Tambang Ulang, inovasi Apam Manis muncul setelah berbagai upaya dalam melaksanakan protokol kesehatan dan penanggulangan wabah pandemi telah dilakukan pemerintah namun kesadaran masyarakat dalam melaksanakan prokes di ruang ruang publik masihlah rendah yang mana masih banyak ditemukan oknum masyarakat yang tidak memakai masker padahal upaya pembagian masker secara gratis maupun razia masker masih juga belum menggugah kesadaran.
“Saat ini ditengah penyebaran Covid-19 yang masih terjadi, bukan saatnya lagi merazia bagi mereka yang tidak memakai masker, namun merazia yg memakai masker dengan memberikan apresiasi,” ujar dr Aulia Rahman, Kamis (22/4).
Lahirnya inovasi koloborasi Apam Manis ini, tambah dr Aulia Rahman diharapkan menjadi inspirasi semua orang bahwa salah satu bentuk mendukung mengurangi pandemi penyebaran Covid-19 adalah ketaatan dalam menjalankan prokes.
“Memang disaat inovasi ini dijalankan, seperti yang dilakukan tadi di Pasar Tradisional Tambang Ulang banyak warga yang kaget karena disangka razia masker, namun setelah warga mengetahui ada nya apresiasi bagi mereka yang memakai masker membuat warga terkesima,” pungkas dr Aulia Rahman. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here