Banjarbaru – Peristiwa penyerangan Masjidil Aqsa oleh tentara Zionis Israel telah terjadi sejak Sabtu (8/5) lalu. Ribuan rakyat Palestina pun menjerit, pasalnya peristiwa ini terjadi pada sepuluh hari terakhir bulan suci Ramadhan 1442 H._

Berangkat dari peristiwa tersebut, disertai dengan berbagai peristiwa penyerangan tantara Zionis Israel yang telah terjadi sebelumnya yang membuat rakyat Palestina menderita. ACT Kalsel menggandeng Amanah Borneo Park Banjarbaru menggelar perhelatan bertajuk “Charity for Palestine”, di Pendopo Amanah Borneo Park, Kelurahan Palam, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru pada Ahad (9/5) sore.

Gelaran sendiri dilaksanakan sebagai wujud keperdulian sekaligus penggalangan dukungan untuk rakyat Palestina, yang masih berjuang meraih kemerdekaannya di tengah belenggu penjajahan Israel. Dalam kesempatan gelaran ini, juga menghadirkan Syekh Ahmed Almasamha dari Gaza, Palestina, yang tengah berada di Kalsel bertepatan dengan roadshow syekh Palestina.

Bahkan, perhelatan berlangsung sangat emosional. Karena beberapa peserta langsung terbayang dengan nasib saudara-saudaranya di Palestina, saat Syekh Almasamha menjelaskan situasi Palestina pasca penyerangan tantara Zionis Israel. Salah satunya adalah Hj. Yulianjarwati, yang pernah berkunjung ke Palestina di akhir tahun 2019. Ia tidak menampik sempat menitikkan air mata, saat mendengarkan dakwah dari Syekh Almasamha yang menjelaskan kondisi terkini Palestina.

“Karena kita sebagai bangsa Indonesia tentu mengecam tindakan zionis Israel terhadap masyarakat Palestina. Karena saya pernah ke sana (Palestina) dan kondisinya sangat prihatin, dimana mereka hidup di negaranya dan tanah leluhur mereka sendiri tetapi mereka itu seolah-olah menumpang,” kata Yulianjarwati.

Direktur Operasional Amanah Borneo Park ini mengatakan, berangkat dari kondisi tersebut mengakibatkan rakyat Palestina tidak dapat perlakuan yang adil. Karena, secara de facto, penguasaan wilayah leluhur Palestina berada di tangan Israel. “Kami di sini selalu mendukung untuk memperjuangkan kemerdekaannya. Di sini kami terus mendukung dengan segala yang bisa kami lakukan,” imbuh Yulianjarwati.

Sementara itu, Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin menuturkan, dalam gelaran ini, Syekh Almasamha dihadirkan berbarengan dengan rangkaian safari dakwah bertajuk “Roadshow Syekh Palestina”. Di mana, Syekh Almasamha menjelaskan situasi terkini Palestina sekaligus menggalang dukungan agar Palestina dapat bebas dari penjajahan Palestina. Di samping dengan hiburan dari artis-artis lokal di Kalsel yang juga mengajak untuk menggalang dukungan untuk Palestina.

“Ini adalah acara puncak (roadshow syekh). Karena Syekh Almasamha ini sudah mengikuti roadshow sejak tanggal 22 April silam, dan sudah mengunjungi tujuh kabupaten dan kota di Kalsel. Perhelatan ini sendiri didesain sedemikian rupa seperti mini concert. Alhamdulillah Amanah Borneo Park mendukung kegiatan kita dengan menyediakan tempat,” kata Zainal.

Zainal menambahkan, selain menghadirkan Syekh dari Palestina, pihaknya juga menghadirkan anak-anak yatim dari beberapa panti asuhan di Kalsel, untuk diajak menikmati wahana di Amanah Borneo Park Banjarbaru. Ia sendiri tidak menampik, konsep perhelatan ini pada awalnya hanya mengajak anak yatim saja. “Karena ada syekh di sini, maka perhelatan ini kita gabung. Sehingga kegiatan ini dapat berjalan,” tuntas Zainal. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here