Pembangunan RTH Kantor Gubernur Kalsel Rampung

0
245

Banjarmasin – Pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Perkantoran Gubernur Kalsel yang berlokasi  di Jalan Jend. Sudirman, depan Siring 0 Km dinyatakan telah rampung. Dinas PUPR Kalsel melakukan pembenahan di kawasan tersebut sejak tahun anggaran 2018.

Pada tahapan pembangunan di 2018 berupa taman kolam air mancur, taman lantai air mancur, gerbang utama, pos keamanan, pergola daan RTH berupa penanaman pohon dan rumput.

Sedangkan untuk tahapan di tahun 2019 berupa jalur pedestrian, jogging track, halaman, amphitheater, toilet, mushola, ruang genset, gazebo, sculpture dan RTH berupa penanaman pohon.

Sementara pada tahun anggaran 2020 -2021 berupa rehabilitasi bangunan kantor gubernur serta pagar keliling kawasan.

Plt Kepala Dinas PUPR Kalsel, Roy Rizali Anwar melalui Kabid Cipta Karya Agung Dewanto  mengatakan saat ini eks kantor Gubernur Kalimantan Selatan yang direnovasi menjadi RTH kini sudah selesai pengerjaannya dan terbuka untuk umum.

“Jadi RTH sudah selesai kita laksanakan, bangunan kantor gubernur sudah dilakukan renovasi sehingga makin baik desain di dalamnya,” kata Agung, Rabu (12/5).

Ia menambahkan, saat ini RTH masih dalam tanggungan pihak Dinas PUPR Kalsel untuk masa pemeliharaan hingga Bulan Juni mendatang. Setelahnya nanti akan diserahkan sebagai aset untuk dikelola oleh Setdaprov Kalsel.

Pada tahun anggaran Tahun 2021 sekitar Rp 8 miliar dialokasi untuk merenovasi eks kantor gubernur agar bisa dimanfaatkan.

Menurut Agung, Kawasan RTH juga sudah dipakai untuk shelter bus karyawan dan bus wisata keliling Kota Banjarmasin.

“Rencananya Dinas Pariwisata Kalsel akan membuat galeri di kawasan RTH dan Forum Pengembangan Jasa Konstruksi rencana juga berkantor di sana,” pungkasnya. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here