Banjarbaru- Pada suasana perayaan Idul Fitri 1442 H tanggal 13 – 14 Mei 2021 masih saja mengalami penambahan kasus warga yang terdeteksi positif Covid 19. Berdasar data Satgas Covid 19 Kalsel per Jumat, 14 Mei 2021, ada sebanyak 19 orang dinyatakan positif yaitu berasal dari Banjarbaru sebanyak 16 orang, Kabupaten HST sebanyak 2 orang dan dari Kabupaten HSS sebanyak 1 orang. 

Dengan penambahan kasus positif tersebut hingga Jumat (14/5) total kasus positif yang pernah terjadi di Kalsel menjadi 33.385 orang.

Selain itu pada 12 Mei 2021, satu warga asal Banjarbaru dilaporkan meninggal akibat Covid 19. Sehingga total kasus meninggal akibat Covid 19 di Kalsel menjadi 976 orang.

Dibalik penambahan kasus positif, ada sebanyak 39 orang dinyatakan sembuh dari paparan Covid 19. Mereka dinyatakan sembuh tersebut berasal dari Banjarbaru, Banjar, Tapin, HSS, Kotabaru dan Tanah Bumbu.

Total kasus kesembuhan dari paparan Covid hingga saat ini menjadi 31.840 orang.

Sementara jumlah terpapar Covid yang saat ini masih menjalani perawatan baik di gedung atau karantina maupun rumah sakit rujukan Covid di Kalsel totalnya sebanyak 1019 orang.

Case fatality rate (tingkat kematian) Covid 19 di Kalsel hingga saat ini tercatat 2,88 persen. Sementara tingkat kesembuhan sebanyak 94,10 persen.

Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal sebelumnya saat sambutan pada Shalat Idul Fitri 1442 H di halaman Masjid  Raya Sabilal Muhtadin berharap Momentum lebaran kali ini di masa pandemi Covid 19 agar dapat menjadikan pelajaran bagi warga banua untuk dapat menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Salah satunya untuk membiasakan diri melaksanakan silaturahmi dengan cara baru dengan tetap  pada protokol kesehatan.

“Meski tidak berkumpul, kita bisa memanfaatkan media lain berupa teknologi untuk bersilaturahim,” ujarnya.

Menurutnya, penerapan  protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran Covid 19 merupakan bagian dari upaya memohon perlindungan dari Allah SWT. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here