BANJARBARU-Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA meninjau lokasi banjir di Kecamatan Satui, Sungai Danau Kabupaten Tanah Bumbu, Minggu (16/05/2021) siang.

Safrizal didampingi Kepala BPBD Provinsi Kalsel, Mujiat, bertolak dari Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru sekitar pukul 10.00 Wita menggunakan helikopter BNPB menuju lokasi banjir di Satui yang terjadi sejak Kamis (13/05) siang.

Setiba di lokasi, Safrizal langsung melakukan Rapat Koordinasi dengan Wakil Bupati Tanbu HM Rusli, Forkopimda setempat serta Kalak BPBD Tanbu, dan Camat Satui.

Berdasarkan data, saat ini ada 88 KK atau 324 jiwa masih bertahan di pengungsian SMPN 4 Satui di Desa Sinar Bulan dan di bangunan majelis taklim Sungai Danau.

Sebagian warga juga mengungsi ke rumah keluarga masing-masing.

Dalam arahannya, Safrizal minta penanganan lintas sektor pascabencana yang melibatkan TNI, Polri, BPBD, dinas sosial, dinas kesehatan, perusahaan dan komunitas lain seperti PMI dan Satgas bencana.

Selain itu, ia minta diutamakan penanganan pengungsi yang ada yakni di SMPN 4 Satui yang memiliki 15 ruang dan 9 ruang diantaranya terpakai untuk pengungsi, ruang ceria anak, dan pendampingan psikologi anak yang dilakukan petugas terlatih.

Kemudian, alat kesehatan dan peralatan kesehatan serta laporan secara akurat diharapkan kepada Pemerintah daerah, provinsi dan pusat.

Selain ke lokasi pengungsian, Safrizal juga meninjau dapur umum dan. makan siang bersama untuk memastikan menu konsumsi yang diberikan untuk masyarakat pengungsi layak dan sehat

Turut makan siang bersama Wakil Bupati Tanbu, Dandim 101/Antasari, Polres Tanbu, Kalaksa BPBD Provinsi Kalsel dan Kalaksa BPBD Tanbu serta stake holder lain dan relawan kebencanaan.

Diketahui, BPBD provinsi dan kabupaten, dinas sosial serta para relawan turun membantu evakuasi dan penyaluran bantuan tanggap darurat bagi warga korban banjir yang melanda enam desa.

Desa tersebut adalah Desa Sungai Danau, Sinar Bulan,Satui Timur, Satui Barat, Jombang dan Sejahtera Mulia.
(Sal/Adpim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here