Banjarmasin – Pemerintah Provinsi Kalsel melaksanakan kirab sepeda ontel dalam rangka Peringatan HUT ke-72 Proklamasi Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan. 

Pelepasan  kirab sepeda ontel dilakukan oleh Kasatpol PP dan Damkar Kalsel Zackly Aswan mewakili Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA di Siring 0 KM Banjarmasin Senin (17/5) pagi.

Selanjutnya rombongan sepeda ontel  menuju Makam Pahlawan Nasional Brigjend Hassan Basry di Liang Anggang, Landasan Ulin. Sesampai di sana, rombongan dengan hikmat mengikuti proses upacara HUT ke 72 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan.

Kirab sepeda ontel tidak hanya diikuti anggota komunitas sepeda ontel, namun juga oleh sejumlah veteran. 

Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan dikenal sangat istimewa, karena  merupakan perwujudan nasionalisme yang tinggi yang dimiliki rakyat Kalimantan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Proklamasi yang juga dikenal sebagai Proklamasi Kalimantan 17 Mei 1949 ini adalah sebuah proklamasi yang menyatakan Kalimantan bagian yang tak terpisahkan dari Republik Indonesia. 

Kepala Satpol PP dan Damkar, Zackly Aswan memberikan semangat kepada generasi muda untuk tetap berjuang sembari mengenang perjuangan para pahlawan banua.

“Ini merupakan salah satu kegiatan Pemprov dalam memperingati hari-hari perjuangan di Kalsel. Dan diharapkan dengan kegiatan ini, generasi muda harus tetap berjuang sambil mengingat perjuangan pahlawan kita, terutama pahlawan daerah Kalsel yang dulu memperjuangkan terjadinya Proklamasi 17 Mei 1949” ujarnya.(Ran/Ary)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here