MARTAPURA,- Di awali pembacaan doa oleh Habib Syeich Bahasyim dan Habib Bahar, proses pengangkatan dan pemindahan sejumlah makam penghuni Panti Werdha di halaman belakang Bangunan Panti Werdha Kelurahan Sekumpul Martapura, Sabtu ( 22/05 ) pagi berlangsung lancar.

Kegiatan dalam rangka revitalisasi kawasan Sekumpul tersebut, juga dihadiri oleh Bupati Banjar H. Saidi Mansyur dan wakilnya H. Said Idrus Al Habsyie, Plt Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Banjar Irwan Jaya, Plt Camat Martapura Ramli, Lurah Sekumpul Marhusin dan pihak terkait lainnya.

Saidi Mansyur mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut komitmen pemerintah daerah untuk memindahkan mayat yang ada ke tempat yang baru di Desa Tungkaran. Proses pengerjaannya akan dilakukan secara bertahap sekitar enam makam perharinya.

“Mudahan ini berjalan dengan baik, dan kita juga sudah minta arahan dari abah guru, bagaimana mayat yang diangkat tidak menyalahi aturan dalam islam,” ujarnya.

Sementara itu Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Banjar Irwan Jaya mengatakan, pengangkatan dan pemindahan sejumlah makam ini dalam rangka mendukung penataan kawasan Sekumpul, yang akan dibangun Ruang Terbuka Hijau ( RTH ) dan drainase resapan air.

Dalam proses ini pihaknya menyiapkan satu unit alat berat untuk penggalian makam dengan kedalaman 50 hingga 70 centimeter, kemudian diteruskan secara manual oleh tukang gali, dengan target 6 makam seharinya.

“Target kami enam makam, mudahan waktunya mencukupi dan akan di angkut ke Tungkaran,” ujarnya.

Sebanyak 59 makam yang akan dipindahkan lokasinya ini, dulunya merupakan para penghuni Panti Werdha yang meninggal dunia dari tahun 2015 lalu hingga sekarang. Makam-makam tersebut berada diluar pagar panti, karena lahan pemakaman didalam panti sudah penuh terisi. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here