MARTAPURA,- Dipimpin Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( PMD ) Kabupaten Banjar H. Syahrialludin, rombongan dari berbagai pihak terkait lakukan peninjauan persiapan Pilkades Serentak Tahun 2021, di TPS 04 Desa Bincau Muara Kecamatan Martapura dan TPS 01 Desa Jingah Habang Hilir Kecamatan Karang Intan, Minggu ( 23/05 ) pagi.

Peninjauan di dua TPS, rombongan lakukan pengecekan terhadap fasilitas TPS, seperti bilik suara, meja panitia yang harus di skat dengan plastik transparan, tempat cuci tangan dan sabun, alat pengukur suhu tubuh, serta bilik khusus pasien covid-19.

Dari hasil peninjauan Kepala Dinas PMD Banjar Syahrialludin mengatakan, H-1 pelaksanaan Pilkades untuk semua perlengkapan sudah disiapkan namun tinggal penempatannya saja yang belum dan akan rampung pada sore hari.

“ Menyangkut bilik khusus harus disiapkan juga untuk pemilih yang memiliki suhu badannya tinggi, langsung dilakukan pencoblosan dan yang bersangkutan diarahkan untuk pulang. Demikian juga warga yang sedang sakit, panitia berkewajiban untuk mendatanginya,” ujarnya.

Sementara terkait dengan surat suara dan logistik lainnya, Syahrial mengatakan semuanya sudah siap, dan memastikan tidak ada kendala yang dihadapi oleh panitia di 140 desa.

Sementara itu dari 26 desa di Karang Intan 22 desa diantaranya menggelar pesta demokrasi tersebut dengan 21.583 pemilih. Camat Karang Intan Muhammad Ilmi memastikan kesiapan semua TPS untuk melakukan pemungutan suara pada besok hari.

“ tadi pagi kita gelar pasukan, pengawalan terhadap pergeseran kotak suara ke desa masing-masing dikawal oleh anggota TNI/Polri dan Linmas masing-masing desa,” ujarnya.

Namun dikatakannya, ada beberapa catatan dari tim kabupaten yang harus dipenuhi, seperti belum adanya spanduk protokol kesehatan, kebersihan yang harus ditingkatkan, dan tempat cuci tangan yang harus ditambah minimal 2 unit per TPS serta pembatas panitia dan pemilih.

“semua kita akan benahi, dan semua TPS siap,” ujarnya.

Kegiatan peninjauan kesiapan TPS ini juga di ikuti oleh, Kaban Kesbangpol Aslam, Perwakilan Polres Banjar, Dinkes, Satpol PP, BPBD dan Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here