MARTAPURA,- Bupati Banjar H. Saidi Mansyur beserta unsur Forkopimda Banjar dan jajaran Kapala SKPD meninjau dan melihat langsung pelaksanaan Pikades serentak di Desa Pingaran dan Desa Sungai Alat Kecamatan Astambul.
Saat berada di tempat pemungutan suara (TPS) Desa Sungai Alat Kecamatan Astambul, Bupati Banjar H. Saidi Mansyur menjelaskan pemantauan dimaksudkan untuk melihat secara langsung pelaksanaan Pilkades serentak, dan memastikan jika standar Prokes Covid -19 telah diterapkan sesuai prosedur disemua tempat pelaksanaan Pilkades.
“Alhamdulillah setelah melihat sendiri, kami pastikan pelaksanaan sudah sesuai dengan yang diharapkan dan mendapatkan dukungan dari masyarakat Kabupaten Banjar, kemudian masyarakat juga aktif untuk datang memberikan suara untuk pimpinan di desa masing-masing,” ujar Saidi Mansyur.
Saidi menambahkan dalam hal ini Dinas PMD Banjar juga sudah sangat berperan dengan baik dalam mensukseskan Pilkades serentak, masyarakat juga diminta nantinya bisa bekerjasama dengan aparat desa serta Pemerintah Daerah.
“ Melalui Pilkades serentak nantinya melahirkan pemimpin di desa (pembakal) yang amanah, mampu bekerja dengan baik serta mengedepankan nilai kejujuran dalam setiap pelaksanaan tugasnya dan mampu menampung dan menjembatani aspirasi warga desa,” pesannya.
Sementara itu Kepala Dinas PMD Kabupaten Banjar H. Syahrialludin mengatakan, 140 desa yang melaksanakan dari pantauan sebelumnya, logistik dan kesiapan semuanya sudah terkondisi dengan baik, begitu pula dengan penerapan standar Prokes Covid -19, dimana ini dimaksudkan untuk menekan kasus baru penyebaran Covid -19.
Jumlah calon Kepala Desa yang berpartisipasi pada kegiatan ini 528 calon, jumlah TPS yang sudah di siapkan oleh panitia seluruh desa adalah 390 TPS.
Dipelaksanaan Pilkades serentak ini juga disiapkan bilik khusus untuk pemilih yang memiliki suhu tubuh lebih dari 37 derajat celcius. Pelaksanaan harus mengikuti aturan standar Prokes Covid -19 yang sudah ditentukan, diantaranya mencuci tangan dengan sabun sebelum memasuki tempat pencoblosan, memakai masker dan menjaga jarak atau menghindari terjadinya kerumunan. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here