Charta Politica : Elektabilitas Paman Birin – Muhidin Unggul di PSU

0
260

Banjarmasin – Hasil survei versi lembaga charta politica Indonesia menunjukkan Elektabilitas Pasangan Sahbirin –  Muhidin (BirinMu) mengungguli Denny – Difriadi di wilayah yang akan menggelar pemilihan suara ulang (PSU) Pilgub Kalsel. Pasangan BirinMu mendapat elektabilitas 59,9 persen suara, sedangkan  Denny- Defriadi  mendapatkan 22,1 persen suara, sedangkan  18,0 persen tidak menjawab.

Ketua Tim Sukses Sahbirin – Muhidin, Rifqi Rizami Kartayuda, Rabu (26/5/2021) di Banjarmasin mengatakan lembaga survei Charta Politika melakukan pengumpulan data selama beberapa hari yakni dari tanqgal 17-22 Mei 2021 melalui wawancara dan tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Jumlah Sampel yang diambil  sebanyak 1.740 responden yang tersebar di wilayah Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur Kalimantan Selatan. “Survei ini menggunakan metode acak bertingkat ( multistage random sampling) dengan margin of error kurang lebih 2,3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen,” tambahnya.
Menurut Rifqi, dengan hasil survei ini setidaknya memberikan kepercayaan diri dan optimisme bagi pihaknya untuk memenangkan pasangan BirinMu. Survei Charta Politika Indonesia adalah lembaga survei kredibel, memiliki badan hukum dan sudah terkenal di Indonesia.

PSU Pilgub Kalsel sebagai tindak lanjut putusan Mahkamah Konstitusi (MK) itu akan dilaksanakan di Kota Banjarmasin dan dua kabupaten yaitu Banjar dan Tapin.

 Untuk Kota Banjarmasin digelar pada seluruh TPS di Kecamatan Banjarmasin Selatan yaitu sebanyak 301 TPS. 

Kemudian Kabupaten Banjar terdiri dari Kecamatan Sambung Makmur 27 TPS, Kecamatan Aluh-Aluh 63 TPS, Kecamatan Martapura 265 TPS,

Kecamatan Mataraman 62 TPS, dan Kecamatan Astambul 85 TPS. Mahkamah Konstitusi dalam putusannya juga memerintahkan PSU pada 24 TPS di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here