Masjid Al Mujahidin Padang Batung Masih Sisakan Khas Banjar

0
230

Kandangan РMasjid Al Mujahidin terletak di pinggir jalan raya Kandangan РLoksado tepatnya berada di Desa Padang Batung Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalsel. Salah satu masjid yang sudah cukup tua di wilayah Hulu Sungai Selatan, tepatnya  sejak tahun 1911.

Masjid ini juga salah satu bangunan saksi bisu yang bersejarah dalam pejuang angkatan 45 di HSS dalam merebut kemerdekaan.

Luas tanah area masjid sekitar 640 m2 sementara luas bangunan 1019 M2. Walau sudah pernah direhab beberapa tahun silam namun masih menyisakan gaya tradisional bangunan dan ornamen khas Banjar.

Ini terlihat dari tampak luar seperti  bentuk atapnya yang tumpang bentuk persegi dengan dihiasi kubah dua buah. Kemudian ada teras berpagar kayu dengan ukiran Banjar. Mirip dengan teras rumah adat Banjar Kalsel.

Bagian pintu masjid ada beberapa buah masih mempertahankan gaya tradisional Banjar. Interior dalam juga masih menyisakan ornamen khas dengan masih bertahannya beberapa buah tiang soko guru dan mimbar serta ukiran-ukiran kayu.

Di bagian samping masjid terdapat kolam air untuk tempat wudhu. Namun juga disediakan jejeran Kran air bagi yang tak terbiasa menggunakan air kolam.

Fasilitas WC terdapat di bagian belakang masjid ini. Selain itu di area masjid juga terdapat makam/alkah keluarga dari warga setempat. 

Fasilitas masjid Mujahidin cukup lengkap dengan ada tersedia ambulance, rumah kaum, gudang, dan lain-lain. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here