Dukcapil Tiga Wilayah Siap Layani Adminduk Untuk PSU

0
176

BANJARBARU – Jajaran Dinas Dukcapil se Kalsel mendukung secara optimal dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel pada 9 Juni mendatang terutama berkaitan dengan administrasi kependudukan (adminduk) bagi Daftar Pemilih Tetap (DPT) di 3 wilayah.

“Di Kalsel yang mencakup 5 Kecamatan di Kabupaten Banjar, 1 di Kecamatan Banjarmasin Selatan (Kota Banjarmasin) dan 1 Kecamatan di Binuang. Tentu, kami jajaran Disdukcapil di provinsi siap mendukung dan mensukseskan sesuai kewenangan atau tupoksinya,” ujar Kepala Disdukcapil Kalsel, Irfan Sayuti melalui rilisnya kepada Jejak banua.com, Jumat (4/6) siang.

Selain menyesuaikan tupoksi, dia mengungkapkan setidaknya juga telah berkoordinasi sepenuhnya dengan Disdukcapil di tingkat kabupaten/kota yang akan menggelar pelaksanaan PSU pada 9 Juni mendatang.

“Tentu ini sudah kami lakukan komunikasi terlebih dahulu supaya warga yang masuk dalam DPT telah terdata di KPU Kalsel dan ikut dalam penyelenggaraan PSU pada 9 Juni ini namun tak memiliki data kependudukan akan dibantu melengkapi adminduknya,” papar Irfan.

Sebelum penyelenggaraan PSU,  ia mengharapkan agar warga yang masuk dalam DPT pada 9 Juni mendatang dan kini belum memiliki Kartu Tanda Kependudukan (KTP) asli bisa mendatangi langsung Disdukcapil terdekat.

“Dari 5, 6, 7 dan 8 Juni warga yang akan ikut dalam PSU bisa mendatangi kantor Dukcapil setempat selama jam kerja berlangsung,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Banjar Azwar mendukung penyelengaraan PSU ini. Terlebih, siap membantu apabila ada masyarakat di wilayah PSU yang sampai saat ini belum memiliki administrasi kependudukan seperti KTP.

“Pemilih yang terdaftar yang masih belum mempunyai KTP atau merekam ke TPS dan siap dilayani dengan membawa semacam surat pengantar dari KPPS atau desa berdasarkan hasil koordinasi dengan KPUD dan Disdukcapil,” jelasnya

Ditempat yang sama, Plt Kepala Disdukcapil Kota Banjarmasin Rijani melalui Seksi Administrator Database (ADB) Deddy mengungkapkan terdapat ratusan administrasi kependudukan milik warga di wilayah PSU yang dinyatakan rusak. Namun, saat ini telah tertangani dengan baik.

“Alhamdulillah setelah dikoordinasikan dengan Kadis Dukcapil Kalsel, Disdukcapil Banjarmasin akan membuka layanan untuk melakukan percepatan pencetakan KTP baru di wilayah PSU bahkan kami membuka layanan ini dari Sabtu sampai Minggu,” katanya.

Pada hari pelaksanaan, Deddy menyampaikan Disdukcapil Kota Banjarmasin akan membuka pelayanan di kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan sebagai langkah percepatan dalam rangka mendukung terlaksananya penyelenggaraan PSU.

“Jadi yang mengajukan ke Dukcapil Kota Banjarmasin ada yang menyebutkan hilang, rusak dan totalnya ada 250. Untuk itu warga tidak perlu khawatir karena akan kami maksimalkan,” ucapnya.

Adapun untuk ketersediaan blangko di Disdukcapil Kalsel tercatat hingga kini mencapai hampir 10.000 keping dan siap dibagikan ke Dukcapil kabupaten/kota untuk dicetak. (Ris/Ary)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here