Banjarbaru – Kapolda Kalsel menginstruksikan jajarannya agar melakukan pengamanan full 24 jam mulai H-2 hingga pelaksananan Pemilihan Suara Ulang Pilgub Kalsel pada 9 Juni 2021. “Demi menjaga kondusifitas di wilayah PSU lakukan pengamanan dilakukan 24 jam terhitung mulai hari ini,” kata Irjen Rikwanto, dalam arahannya saat apel pengamanan PSU Pilgub Kalsel 2021 di lapangan Polda Kalsel, KM 21 Landasan Ulin Banjarbaru, Senin (7/6).

Irjen Rikwanto meminta aparat kepolisian agar menyusuri masuk ke jalan tikus masuk gang-gang dan kampung di wilayah PSU. Hal ini bertujuan menjaga keamaan dalam jalanya PSU mengenai informasi hoax, isu dan unsur sara.

“Personel pengamanan tidak boleh lengah apalagi underestimate. Semua harus siap siaga 24 jam sejak hari ini, dan semua personel harus menyusur ke wilayah gang- gang untuk menjaga keaaman PSU dari Provokasi, Isu dan Informasi Hoax,” pintanya.

Ia juga mengingatkan dalam pelaksanaan PSU agar unsur TNI- Polri tetap menjaga netralitas. “Dan bagi para petugas yang di tempatkan di TPS agar mengetahui tugas masing, apabila melihat potensi gangguan keamanan maka segera ambil tindakan, jangan ada keraguan dalam bertindak,” instruksi Rikwanto. 

Begitu pula di TPS, jangan sampai ada yang terprovokasi dan memprovokasi. Polisi diminta berkoordinasi dengan pihak terkait dalam pengamana TPS termasuk menjaga disiplin protokol kesehatan. Termasuk kepada relawan Paslon agar bersikap dewasa dalam menciptakan suasana yang tertib dan aman selama PSU.

Mendukung pelaksanaan PSU, sebanyak 2.468 personel gabungan TNI-Polri disiapkan untuk pengamanan.

TNI sebanyak 200 Personel, sedangkan polisi diterjunkan sebanyak 2.268 Personel. 

Irjen Rikwanto menambahkan, semua tempat pemungutan suara (TPS) dianggap rawan saat PSU yang tergelar di 827 TPS tersebar di tujuh kecamatan pada satu kota dan dua kabupaten, Kalimantan Selatan.

Pengamanan  di TPS selama PSU, polisi masing – masing akan menerjunkan 2 personel dibantu TNI serta unsur Linmas guna memberikan rasa aman bagi pihak penyelenggara dan juga masyarakat saat menyalurkan hak suaranya.

Apel gabungan pengamanan PSU dipimpin inspektur upacara Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA yang juga dihadiri Danrem 101/Antasari Brigjen Firmansyah, Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Kejaksaan Tinggi, KPU, Bawaslu, Polres dan Polresta di wilayah PSU dan pihak terkait lainnya. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here