Banjarmasin – Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA mengetes kesiapan dan pengetahuan petugas KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara) di tiga TPS yang akan menyelenggarakan pemilihan suara ulang Pilgub Kalsel. “Tadi kita juga sempat dialog dan tes kesiapan dan pengetahuan petugas KPPS, hasilnya mereka tahu apa yang harus dilaksanakan dalam rangka penyelenggaraan PSU,”’kata Pj Gubernur Safrizal saat ditemui di TPS 001 Desa Mataraman Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar, Selasa (8/6).

Begitu pula dengan sosialisasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan PSU juga sudah dilaksanakan. “Secara umum, KPPS yang kita temui telah siap melaksanakan PSU,” kata Safrizal.

Menurut Safrizal, TPS yang ia kunjungi dari segi sarana prasarana, keamanan, dan prokes sudah memenuhi syarat. Salah satunya di Mataraman, lokasi TPS terbuka di halaman Kantor Camat jadi mudah melaksanakan protokol kesehatan.

Begitu pula undangan kepada pemilih sudah dibagikan, namun di Mataraman dilaporkan ada DPT yang meninggal, sudah pindah dan tak bisa ditemui. “Nanti bagi undangan  DPT yang meninggal atau pindah maka akan dibuatkan berita acaranya untuk pemusnahan undangan,” kata Safrizal.

Pemantauan Pj Gubernur di beberapa TPS dilakukan bersama Ketua KPU RI Ilham Saputra, Perwakilan Bawaslu RI, Danrem Antasari Brigjen Firmansyah, Wakapolda Kalsel Brigjen M Agung Budiono, Ketua DPRD Kalsel, Sekda Prov Kalsel Roy Rizali Anwar, Ketua KPU Kalsel Sarmuji, Ketua Bawaslu Erna Kasypiah, dan sejumlah kepala SKPD Pemprov Kalsel.

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah TPS 03 Antasan Bondan Kelurahan Mantuil Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Kemudian di TPS 01 Mataraman Kabupaten Banjar dan terakhir di TPS 04 Desa Pualam Sari Kecamatan Binuang. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here