Banjarbaru – Kepala UPTD Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH), Yudita Nurdiana kembali melakukan tinjau lapang lokasi pembangunan Kebun Benih Semai (KBS) jenis sengon di Kel. Bangkal, Kec. Cempaka, Kota Banjarbaru, baru-baru tadi. Tujuannya tak untuk genjot progres pembangunan KBS.

Dikatakan oleh Yudita, kemajuan pelaksanaan pekerjaan hingga saat ini yaitu pemetaan batas luar lokasi KBS. Dari peta ini, akan didesain penanamannya. “Desainnya disesuaikan dengan luas tapak yang telah diukur dan jumlah bibit yang tersedia,” ujarnya.

Tahap selanjutnya akan dilakukan pengukuran dan penandaan batas, serta pembersihan lahan dan pengolahan tanah. “Pembersihan dilakukan secara total dengan cara manual dan kimiawi. Dijadwalkan selesai minggu depan,” tutur Abdillah menimpali.

Pembangunan KBS pada lahan milik Pemprov. Kalsel seluas 8 hektar ini telah dianggarkan dengan dana yang bersumber dari DAK Tahun 2021, sebagaimana telah direncanakan pada tahun sebelumnya.

Pada kesempatan itu pula, dilaksanakan sosialisasi sekaligus edukasi kepada masyarakat dan para petani sekitar calon KBS. Hingga pada akhirnya, pembangunan KBS nantinya diharapkan turut berkontribusi pada sektor perekonomian masyarakat sekitar. (sylvia/bpth)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here