Banjarmasin  – Kesultanan Banjar bakal menggelar Milad ke  516 besok Minggu (13/6) di Rattan In Banjarmasin. Perayaan sebagai wujud rasa syukur bahwa Kesultanan Banjar sejak berdiri 926 Hijriyah atau 1520 Masehi.

Sultan Banjar Yang Mulia Sultan Haji Khairul Saleh Al Mu’tashim Billah mengatakan bahwa zuriat Banjar merasa bertanggung jawab mengangkat lagi ‘batang nang terandam’ sehingga bisa terus eksis mengawal budaya Banjar yang patut dilestarikan sebagai bagian dari khazanah budaya Nusantara.

Menuju acara puncak Milad ke-516 Kesultanan Banjar, Sultan Haji Khairul Saleh Al Mu’tashim Billah, bakal membacakan maklumat Penganugerahan Gelar Tuan Guru Besar dan beberapa gelar Keagungan Kesultanan Banjar seperti gelar Pangeran Syarif dan gelar Kedatuan. 

Pemberian gelar berdasarkan rapat Dewan Mahkota Kesultanan Banjar atas dedikasi yang bersangkutan dalam memberikan kontribusi kepada agama, bangsa dan

negara. “Selain itu yang bersangkutan juga berdedikasi dalam menjaga keamanahan adat istiadat serta menjaga kerukunan antar umat beragama etnis serta golongan,” kata Khairul Saleh yang juga anggota DPR RI ini.

Ditambahkan yang bersangkutan juga memberikan kontribusi berupa pemikiran inspiratif dalam pengembangan bidang pendidikan sehingga memberikan pencerahan bagi masyarakat luas serta kebaikan bersama.

Anugerah kebangsawanan Banjar itu akan diberikan langsung oleh Sultan Khairul Saleh pada acara puncak nanti. Bakal hadir pula Yang Mulia Tuan Guru Husin Nafarin yang pada Milad ke-512 (2016) menerima Gelar Tuan Guru Besar (TGB) dari Yang Mulia Sultan Banjar, serta berkenan menjabat sebagai Mufti Kesultanan Banjar. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here