Banjarmasin – Kebijakan pemerintah mengalokasikan anggaran dana desa, berdampak positif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa.

Ini terbukti dari pertumbuhan positif perekonomian masyarakat desa melalui pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BumDesa).

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar mewakili Pj Gubernur Safrizal ZA, pada Pembukaan BUMDesa Expo Kalsel 2021 di Atrium Duta Mall Banjarmasin pada Sabtu (26/6/2021).

Dikatakan Sekda Roy, indikator kemajuan sebuah desa dapat dilihat dari perkembangan badan usaha milik desa di Kalsel.

Di Kalsel, berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kalsel, angka pertumbuhan BumDesa mengalami kenaikan.

“Dari 1.864 desa yang tersebar di sebelas kabupaten, sudah terbentuk 1.482 BumDesa atau 79,51% dari jumlah total desa di Kalsel”.

Dari ribuan Bumdes tersebut ada 45 Bumdesa yang berhasil masuk klasifikasi Bumdesa Maju dalam satu tahun terakhir.

Roy juga mengharapkan agar perkembangan dan promosi BumDesa terus dilanjutkan.

Kemajuan BumDesa dapat menjadi pendukung perekenomian lokal di tingkat desa untuk mewujudkan desa mandiri yang dapat memenuhi kebutuhannya masing-masing.

“Melalui expo ini, kita sebenarnya sudah masuk dalam arena promosi. Kita perlu promosi yang berkelanjutan,” pesannya.

“Perlu didorong keterampilannya dalam memanfaatkan media sosial sekarang ini”.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Zulkifli, menyampaikan tujuan diadakannya expo ini untuk membuka wawasan dan menarik investor serta memperluas marketplace para pelaku BumDesa.

Selain expo, juga diadakan pemberian penghargaan sebagai motivasi untuk para pelaku Bumdes agar terus aktif menjalankan BumDesa dengan performa yang lebih baik.

Adapun ke-6 BumDesa yang menerima penghargaan adalah, Bumdes Berkah Mulia, Bumdes Pesona Rejo Jaya, Bumdes Maju Jaya, Bumdes Usaha Kreatif Mandiri. Bumdes Karya Indah dan Bumdes Maju Bersama.

Penghargaan Terbaik I diserahkan oleh Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalsel, Safriati Safrizal yang didampingi oleh Sekda Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar.

Expo yang bertema “Penggerak Ekonomi Desa ini” disambut antusias masyarakat, terutama para pengunjung Duta Mall. Pasalnya, beragam kerajinan dan makanan khas hasil olahan masyarakat pedesaan. (Ran/Adpim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here