Banjarbaru – Penjabat Gubernur Kalsel Safrizal ZA melakukan inspeksi ke gudang oksigen milik Agen PT Samator di Landasan Ulin Banjarbaru, Minggu (27/7) siang. Hal ini ia lakukan untuk memastikan ketersediaan oksigen medis untuk menyediakan pihak rumah sakit bagi penderita Covid 19  yang saat ini mengalami kenaikan kasus di Kalsel.

Kepada pihak Samator selaku agen penyedia oksigen, Safrizal meminta agar dapat melakukan langkah koordinasi dengan pihak Pemprov Kalsel khususnya dalam hal ini Satgas Covid 19. “Kedatangan kita ke sini untuk memastikan ketersediaan oksigen agar tak terjadi kelangkaan, karena itu kita melakukan koordinasi dengan pihak agen penyalur oksigen di Kalsel,” kata Safrizal.

Ia meminta kepada seluruh masyarakat maupun pihak rumah sakit agar tak panik dengan ketersediaan oksigen untuk medis. “Kita sudah cek langsung tadi, distribusi oksigen cukup lancar dan yang penting tersedia dengan baik,” katanya.

Menurutnya, oksigen untuk kepentingan medis saat ini sangat dibutuhkan oleh rumah sakit daerah rujukan Covid 19 untuk menyelamatkan  nyawa penderita Covid 19 yang sedang dirawat. “Kebutuhan akan oksigen untuk medis meningkat pesat karena digunakan untuk membantu pernafasan penderita Covid khususnya yang memiliki komorbid,” ujarnya.

Safrizal bersyukur di Kalsel tak terjadi kelangkaan oksigen. “Untuk ketersediaan oksigen saat ini aman,” katanya.

Ia juga berharap dengan pemberlakuan PPKM level 4 di Banjarmasin dan Banjarbaru dapat menekan penyebaran Covid 19. Karena itu ia meminta masyarakat mematuhi aturan PPKM level 4 seperti yang sudah dijelaskan oleh Satgas Covid 19 di daerah.

“Masyarakat juga hendaknya mematuhi protokol kesehatan dan saling mengingatkan, mari kita bersama-sama melawan penyebaran Covid 19 di banua kita,” pungkas Safrizal. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here