Banjarmasin – Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan, Safizal ZA mengikuti rapat koordinasi bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian secara virtual, Sabtu (31/7/2021,  di Banjarmasin. 

Turut hadir dalam rapat terkait pelaksanaan  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 itu, Kapolda  Irjen Pol Rikwanto dan Komandan Korem 101 /Antasari, Brigjen TNI Firmansyah.

Rakor yang dilakukan  secara daring   diikuti kepala daerah dari 21 Provinsi di Indonesia. 

Dalam rakor yang dipimpin Menko Bidang  Perekonomian, Airlanggga Hartarto  itu, dimulai dengan paparan dan arahan Menteri Dalam Negeri, Tiro Karnavian dilanjutkan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Kemudian  Menteri Kesehatan, dari JAM Intel Kejaksaan RI, kemudian  yang mewakli Kepolisian RI dan paparan Panglima TNI.

Dalam Rakor, Pj Gubernur Safrizal  minta arahan Menko Perekonomian, terkait kemudahan mendapatkan pasokan oksigen medis.

Karena  kenaikan kebutuhan oksigen di Kalsel belakangan ini, dan untuk mengantisipasinya, sudah dilakukan berbagai upaya pengadaan, baik yang berupa tabung maupun liquid (cair). 

Selain itu, Safrizal menyampaikan seputar pelaksanaan PPKM level 4 di Kalsel yakni di Kota Banjarmasin dan Banjarbaru yang dimulai sejak  26 Juli 2021.

Selain angka kasus pasien terpapar Covid-19, juga dilaporkan upaya penambahan tempat tidur pasien di sejumlah rumah sakit.

Kemudian, Pemprov juga meminta Pemerintah Kaabupaten/Kota se Kalsel, menyiapkan tempat isolasi khusus, sehingga tidak semua pasien dirujuk di rumah sakit milik provinsi.

Pemprov Kalsel juga berupaya meningkatkan giat 3T (treking, tracing dan testing). Selain itu kegiatan yang melibatkan orang banyak, harys menerapkan protokol kesehatan, juga dilakukan tes antigen. 

“Setiap pintu masuk ke Kalsel, wajib bukti tes PCR,” ujar Safrizal.

Terkait kegiatan vaksinasi, Kalsel siap menghabiskan dosis yang diberikan.

“Berapa pun yang diberikan, kita siap menghabiskan,” tegasnya. Sal/Ary 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here