Pj Gubernur Kalsel Tanam Beringin Di Wisata Susur Rawa Swarga Loka

0
477

Amuntai – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA bersama  istrinya Safriati Safrizal melakukan penanaman pohon beringin, dalam rangka HUT ke 48 KNPI,  Sabtu (07/08/2021).

Lokasi penanaman  di Kawasan Wisata Susur Awang Rawa Gambut dan Lokasi Kerajinan (Swarga Loka) Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Pohon beringin yang ditanam Safrizal, tepat di samping  Pondok Swargaloka atau Pondok Pantau Api di Desa Tambak Sari Panji.

Turut menanam pohon, Bupati HSU Abdul Wahid dan istri, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana, serta Ketua KNPI HSU.

Pondok Pantau Api dibangun untuk  bangunan wisata sekaligus pemantau untuk antisipasi dari kebakaran hutan dan lahan. Selain itu juga digunakan  untuk memantau pembalakan atau penebang pohon di hutan secara ilegal. 

Pondok pantau api Swarga Loka setinggi sekitar 5 meter di permukaan rawa sehingga memungkinkan wisatawan untuk  melihat seluruh kondisi hutan dan hamparan kebun purun. 

Panorama wisata ini juga sangat cocok bagi wisatawan untu berswafoto dengan latar belakang hutan dan kebun purun.

Pj Gubernur Safrizal yang datang bersama keluarga mengatakan,  pihaknya mendorong setiap upaya penanaman pohon dari pihak mana pun.

“Gerakan penanaman pohon kalau bisa  dipercepat, tentunya akan lebih baik,” harapnya.

Menurut Safrizal, HSU  salah satu daerah yang unik di Kalsel. Karena banyak memiliki rawa dan  cukup sulit  mengelolanya. Namun  berpotensi jika bisa dioptimalkan, karena rawa sekaligus menjadi area penampungan air yang bermanfaat bagi daerah sekitar.

Safrizal mengimbau agar masyarakat  mengelola sungai atau rawa dengan baik, apalagi dilakukan penataan agar terlihat indah, sehingga dapat menjadi daya tarik wisatawan.

Ia tak lupa mengapresiasi kerjasama masyarakat di lima desa di Kecamatan Haur Gading, sehingga dapat dikelolanya agrowisata Swargaloka. Ary 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here