Banjarbaru – Menko Perekonomin Airlangga Hartarto didampingi Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA dan Gubernur Kalsel 2021 – 2024  Sahbirin Noor meninjau kebun milik kelompok tani Mugi Rahayu di kawasan Tambak Tarap Kelurahan Syamsuddin Noor Kecamatan Landasan Ulin Banjarbaru, Jumat (20/8) sore. Begitu tiba, Airlangga beserta rombongan diajak melihat langsung kebun melon dan cabe yang ditanam petani setempat oleh Kadis TPH Kalsel Syamsir Rahman.

Airlangga Hartarto memberikan apresiasi atas terobosan yang dilakukan Dinas TPH Kalsel dalam upaya membantu penanganan Covid 19 khususnya para warga yang sedang Isoman. Untuk diketahui, Dinas TPH Kalsel membeli buah dan sayur dari para petani di kebun kelompok tani Mugi Rahayu tersebut. Harga belinya di atas harga pasaran. Hasilnya dibagikan langsung kepada masyarakat di Kelurahan Syamsuddin Noor dan sekitarnya yang sedang Isoman.

Dalam kegiatan itu juga sempat dilaksanakan  sesi tanya jawab dengan para petani setempat. Diantaranya mereka berharap kepada pemerintah daerah agar dapat melaksanakan perbaikan jalan di wilayah tambak tarap.

Usai menyicipi buah hasil panen petani setempat bersama Paman Birin dan Pj Gubernur Kalsel Safrizal, Menko Airlangga dan rombongan mengakhiri kunjungannya ke Kalsel.

Usai kunjungan menteri, Kadis TPH Kalsel Syamsir Rahman mengatakan kegiatan hari ini adalah panen tanaman hortikultura seperti melon, cabe dan tomat yang dilaksanakan kelompok tani Mugi Rahayu. Menurutnya program ini  akan terus berlanjut selama pandemi Covid 19. “Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Syamsuddin Noor karena di daerah ini paling banyak warga yang Isoman, hampir 200 orang Isoman,” kata Syamsir.

Dengan program ini juga membantu petani  yang tidak bisa menjual langsung ke pasar karena takut berkerumun sehingga bisa terpapar Corona. “Teknis pembagiannya  kita minta bantuan relawan Covid di Kelurahan untuk membagikan kepada para warga yang sedang Isoman, karena mereka kan tidak bisa keluar selama Isoman,” katanya.

Syamsir berharap, bantuan yang diberikan bisa meringankan beban masyarakat yang sedang Isoman karena mereka perlu asupan gizi dan nutrisi agar cepat sembuh dari Covid.

Syamsir juga mengucapkan terima kasih sebesarnya atas kehadiran langsung Menko Perekonomian ke kebun kelompok tani Mugi Rahayu tersebut. “Ini bentuk kepedulian beliau terhadap penanganan Covid sekaligus para petani, dan beliau mendukung serta akan membuat program membantu petani juga,” kata Syamsir. Ary 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here