Labkes dan BPKP Kalsel Buka Layanan Tes PCR Drive Thru

0
644

Banjarmasin – UPT Laboratorium Kesehatan (Labkes) Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan membuka layanan Tes Swab PCR dan rapid tes antigen  dengan sistem drive thru. Layanan akan dibuka mulai Senin (23/8) hingga Kamis (26/8) atau selama 4 hari. Jam layanan mulai pukul 08.30 hingga pukul 10.00 bertempat di halaman Kantor BPKP perwakilan Kalsel   Jl A Yani KM 32,5 Loktabat Selatan Landasan Ulin Banjarbaru.

Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar mengatakan layanan ditujukan untuk masyarakat umum. “Jadi tes PCR dan rapid antigen  dapat dilakukan dengan pola Drive Thru (PCR tanpa turun dari kendaraan),” kata Roy, Minggu (22/8).

Petugas yang melaksanakan tes PCR dan rapid antigen dari Labkes Kalsel. Sedangkan dari pihak BPKP Kalsel menyediakan halaman untuk kegiatan tersebut. Untuk harga tes PCR sebesar Rp 525 ribu sementara rapid tes antigen sebesar Rp 110 ribu.

“Pelaksanaan tes PCR sistem drive thru ini untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Sampel akan diambil di sana, lalu dibawa ke Labkes untuk kemudian dianalisa,” kata Roy.

Sementara untuk hasil tes PCR dapat diambil pada hari itu juga pada pukul 17.00. “Untuk rapid tes antigen dapat ditunggu ditempat saat itu juga,” terang Roy.

Hasil tes juga dapat diketahui melalui aplikasi peduli lindungi yang dapat didownload di Google play  atau Apple store. “Atau bisa juga melalui WhatsApp,” kata Roy.

Sebelumnya Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA memastikan tarif tes PCR di Kalsel mengikuti instruksi dari pemerintah pusat. “Itu sudah berlaku otomatis secara nasional, jadi dilakukan penyesuaian harga  tes PCR sesuai edaran dari Kemenkes,” kata Safrizal.

Untuk harga sudah ditetapkan sesuai arahan dalam edaran Kemenkes menindaklanjuti instruksi presiden. “Harga tes PCR di Jawa dan luar pulau Jawa sudah disesuaikan, berbeda karena ada biaya pengiriman,” kata Safrizal. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here