Paman Birin Pimpin Upacara HUT Agraria

0
157

Banjarbaru-  Kementerian ATR/BPN Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2021, di halaman Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Jumat  (24/9) pagi.

Kanwil ATR/ BPN berkomitmen untuk membantu pemerintah daerah dalam progam percepatan pelayanan dokumen pertanahan, lebih fokus lagi bagi kemudahan pelayanan investasi.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor bertindak sebagai inspektur upacara, yang turut membacakan sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan A. Djalil.

Menteri ATR/ Kepala Badan Pertanahan Nasional menjelaskan Hari Agraria dan Tata Ruang tahun ini mengusung tema “Percepatan Pemulihan Ekonomi Melalui Pelayanan Tata Ruang dan Pertanahan yang Profesional”.

Tema ini  bermakna komitmen melaksanakan Undang-Undang Cipta Kerja dan turunannya untuk menciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya bagi rakyat Indonesia, dengan cara memberikan kemudahan berusaha bagi UMKM serta mendorong investasi.

Sofyan A. Djalil dalam sambutannya mengatakan, dukungan kemudahan perizinan diberikan melalui penyederhanaan persyaratan, antara lain Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang, Persetujuan Lingkungan, dan Detail Tata Ruang.

Terkait tata ruang, Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan inovasi dan terobosan GISTARU, di antaranya RTR-Online, RDTR Interaktif, RTR-Builder, Konsultasi Publik Online, dan Protaru.

Adapun hari ini akan diluncurkan Sistem Pendaftaran Online Aplikasi Loketku dan Aplikasi Permohonan Informasi Online.

“Dengan adanya layanan elektronik ini, maka masyarakat lebih yakin dengan kelengkapan berkasnya sebelum datang ke kantor pertanahan. Nantinya akan meningkatkan efisiensi waktu, biaya, dan transparansi pelayanan,” jelasnya.

Di tengah gerimis, upacara tetap berlangsung dengan khidmat. Sebelum turun dari podium, Gubernur Sahbirin Noor  mengucapkan selamat merayakan Hari Agraria. 

“Semoga Kementerian ATR/BPN selalu Berjaya,” ujarnya.

Sementara itu, Kakanwil BPN Kalsel Alen Saputra kepada  media mengatakan, BPN akan siap mempercepat investasi terutama di Kalimantan Selatan. 

“Mudah-mudahan kami bisa terus meningkatkan pelayanan, tidak hanya investasi, tetapi juga reforma agraria dan pelayanan lainnya,” harapnya.

Dalam kesempatan ini, berlangsung pula penyematan tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya untuk masa bakti 10, 20, dan 30 tahun kepada tiga ASN perwakilan. *(Vio/Adpim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here