Sabtu, April 20, 2024
BerandaHukumPemkab HSS Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Pemkab HSS Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Kandangan – Usai upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 yang digelar di halaman Sekretariat Daerah Kab HSS, Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP bersama Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, S.AP MA kembali mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual bertempat di Pendopo, Jum’at (1/10).

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 ini dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di lokasi Monumen Pancasila Sakti, Kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Dalam upacara tersebut, pembaca teks Pancasila adalah Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, pembaca teks Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 adalah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo serta pembaca dan penandatanganan ikrar dilakukan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Upacara ditutup dengan pembacaan do’a oleh Menteri Agama H Yaqut Cholil Qoumas.

Kegiatan ini merupakan momentum suatu peristiwa bersejarah, Hari Kesaktian Pancasila berkaitan dengan peristiwa G30S yang terjadi pada 30 September 1965. Peristiwa 30 September 1965 merupakan pemberontakan yang bertujuan menggantikan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Namun, pemberontakan berhasil dihentikan karena bersatu dan kerja samanya banyak pihak. Pihak-pihak bersatu menjunjung nilai-nilai yang ada dalam Pancasila dan akhirnya pada 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Sementara itu Bupati HSS H. Achmad Fikry menyampaikan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan simbol pengabdian demi Pancasila secara tekad untuk mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI. Ary

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments