Ratih Juarai Lomba Cerpen Wisata Dispersip Kalsel

0
157

BANJARMASIN –  Ratih Ayuningrum menjadi jawara dalam Lomba Cerpen Wisata 2021. Cerpennya berjudul Neptunus berhasil menyisihkan 118 cerpen lainnya pada lomba yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalsel itu.

Dewan juri yang terdiri dari para sastrawan dan jurnalis wisata memilih cerpen Ratih karena penggarapan yang apik serta kemampuannya menggabungkan dua konsep dalam sebuah cerita. “Realis dan surealis bertemu padu dalam cerpennya,” ujar Aliansyah Jumbawuya, salah seorang juri.

Ratih mengatakan dirinya terharu setelah mendengar pengumuman yang dirilis Dewan Juri pada Minggu malam tadi. “Alhamdulillah, terima kasih, saya terharu,” ucap perempuan yang berprofesi sebagai guru ini.

Selain Ratih, dua pemenang lainnya adalah Meutia Swarna Maharani yang berhasil menempati juara II dengan cerpennya Minggu Ujian. Sementara peringkat ketiga diisi oleh penulis asal Gambut, Kabupaten Banjar Zulfan Fauzi yang memukau juri dengan cerpennya Loksado dan Romansa Perjalanan. 

Masing- masing para juara berhak atas hadiah Rp 5.000.000, 3,500.000 dan 2.000.000. Kepala Dispersip Kalsel Nurliani Dardie Hj Nunung mengatakan lomba ini adalah salah satu agenda dan kegiatan Dispersip Kalsel dalam memajukan literasi. Belum lama tadi Kalsel mendapat penghargaan sebagai provinsi dengan Indeks Pembangunan Literasi tertinggi se-Indonesia.

“Selamat kepada para pemenang, kepada yang belum berhasil jadi pemenang, terimakasih sudah mengikuti lomba ini, teruslah berkarya, suatu saat karya kalian akan menemukan waktunya,” ucap Nurliani memberi motivasi. Para pemenang sendiri rencananya akan berhadir dalam penyerahan hadiah Senin pagi ini di aula Dispersip. (rls/by/ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here