Bela Diri Kuntau di Tanah Laut Makin Diminati

0
177

Pelaihari – Meningkatnya perkembangan seni bela diri Kuntau di Kabupaten Tanah Laut (Tala) merupakan hal yang patut diapresiasi dan didukung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tala, agar kesenian bela diri asli banua yang diakui secara Nasional ini senantiasa lestari dan berkembang. Hal tersebut diungkapkan Bupati Tala HM Sukamta saat membuka secara resmi Perlombaan Silat Budaya (Kuntau) Pada Festival Olahraga Tradisional dan Rekreasi, Senin (25/10/2021) pagi di Gedung Olahraga Tala Sport Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kijang Mas Permai Pelaihari.

“Alhamdulillah, seni bela diri kuntau di Kabupaten Tala saat ini tidak hanya diminati oleh kalangan dewasa saja namun sudah merambah pada usia anak-anak, ini merupakan perkembangan yang sangat positif dalam rangka melestarikan seni bela diri kuntau yang sudah diwariskan oleh para pendahulu kita”, ungkapnya.

Menurut bupati, terjadinya peningkatan dan bertambahnya perguruan kuntau di Kabupaten Tala sangatlah bernilai positif. Terlebih untuk anak dan remaja agar tidak terjebak pada pergaulan yang tidak memberikan manfaat. Bupati juga mengharapkan, pertandingan yang digelar hari ini menjadi momen kebangkitan silat budaya. Dikatakan, jika Pemkab Tala memberikan dukungan penuh untuk perkembangan olahraga di Bumi Tuntung Pandang.

“Karena inilah tempatnya anak-anak muda kita untuk mengaktualisasi dirinya, membangun dirinya serta menggembleng dirinya untuk menjadi generasi kedepan yang tangguh, generasi yang punya visi luar biasa dan generasi yang tidak takut untuk bersaing serta generasi yang akan menjadi pemenang pada persaingan-persaingan dimasa yang akan datang”, tutup Kamta.

Kegiatan yang kali keempat dilaksanakan di Kabupaten Tala tersebut diikuti oleh 12 perguruan yang ada di Kabupaten Tala, memperebutkan total hadiah senilai Rp 18 juta dan tropi dengan kategori lomba yaitu berpasangan remaja, beregu remaja, berpasangan dewasa dan beregu dewasa.

Pembukaan kegiatan tersebut secara resmi ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Tala HM Sukamta disaksikan oleh Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tala serta para Juri Lomba. Prokopim Tala

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here