Guru Wildan Dukung Percepatan Vaksinasi

0
204

Martapura – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 57 tahun 2021 ditandai dengan vaksinasi di Kampus STAI Darussalam Martapura, Selasa (23/11).

Peringatan HKN dihadiri Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, KH Wildan Salman, Bupati dan Wakil Bupati Banjar, Forkopimda dan jajaran Dinkes Provinsi dan Kabupaten Kota se Kalsel serta pegiat kesehatan.

Di sela kegiatan, Paman Birin didampingi Guru Wildan dan jajaran Forkopimda Banjar memantau vaksinasi yang digelar di aula STAI Darussalam tersebut. Ditargetkan vaksinasi tersebut bakal menjaring 5 ribu peserta. Sementara data hingga saat ini masih sekitar 3 ribu orang yang telah ikut divaksin.

Disela peninjauan, Paman Birin menyerahkan door prize kepada  beberapa peserta vaksinasi setelah dilakukan pengundian terbuka.

Selain itu juga diserahkan sumbangan PT Arutmin Indonesia berupa mobil layanan kesehatan keliling. Mobil tersebut diserahkan secara simbolis oleh Direktur Teknik Tambang PT Arutmin Site Satui, Cipto Prayitno kepada Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Dalam momentum HKN 57, Paman Birin juga menyerahkan penghargaan kepada tiga daerah yang memiliki capaian vaksinasi tertinggi di Kalsel yaitu Banjarmasin, Banjarbaru dan Tanah Bumbu. Sebanyak 39 tenaga kesehatan teladan juga mendapatkan piagam penghargaan dari Paman Birin.

KH Wildan Salman dalam sambutannya mendukung kegiatan vaksinasi tersebut. Menurutnya ikut  vaksinasi adalah salah satu bentuk ketaatan dalam bernegara atau kepada Ulil Amri. 

“Vaksinasi adalah bentuk ketaatan dalam bernegara karena Islam mengajarkan untuk taat kepada ulama dan ulil amri,” kata Guru Wildan.

Ia berharap dengan pelaksanaan vaksinasi di Kampus STAI Darussalam tersebut  maka dapat diambil manfaatnya agar semua terlindung dari Covid 19.

Sementara Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan yang telah berjibaku dan berjuang dalam penanganan pandemi covid 19. “Perjuangan para Nakes tersebut akan menjadi inspirasi bagi semua,” katanya.

Ia juga menyampaikan duka mendalam terhadap para Nakes yang gugur dalam berjuang untuk penanganan pandemi covid selama ini.

Momentum HKN ke 57 ini ia berharap dapat mewujudkan Kalsel sehat untuk merealisasikan tema peringatan kali ini “Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku”.

Vaksinasi bergerak yang dipelopori oleh Paman Birin merupakan salah satu ikhtiar dalam upaya percepatan penanganan pandemi covid 19 sekaligus membentuk heard immunity. 

Ia pesan agar stok vaksin yang masih ada segera dihabiskan untuk masyarakat. Hal ini sesuai arahan Presiden Jokowi untuk mencapai target vaksinasi sebanyak 70 persen dari jumlah penduduk.

Kadinkes Kalsel HM Muslim mengatakan laju transmisi penularan relatif terkendali di Kalsel. “Namun sebagaimana yang sering disampaikan gubernur kita tetap waspada,” kata Muslim. 

Menurutnya masih banyak masyarakat yang belum vaksin covid. “kita saat ini memiliki 3 juta lebih sasaran harus di vaksin,” kata Muslim. 

Laporan hingga 20 November 2021,  jumlah vaksinasi di Kalsel sebanyak 46,29 persen untuk pertama, sedang vaksin kedua sebanyak 26,15 persen. 

“Namun untuk saat ini vaksinasi Lansia masih relatif rendah yaitu 26,64 persen untuk dosis pertama,” kata Muslim.

Hal ini tentunya menjadi PR bagi semua. “sebagaimana arahan gubernur,  kita bergotong royong melalui vaksinasi bergerak,” kata Muslim. 

Pemprov Kalsel berupaya keras, terbukti pada saat gubenur dilantik pada 25 agustus 2021 lalu, ia langsung menuju ke faskes yang menangani covid. “Kemudian selanjutnya beliau turun ke berbagai desa dan kota untuk memastikan vaksinasi bergerak berjalan sekaligus upaya percepatan dalam vaksinasi betul betul kita capai sebagaimana target,” ungkap Muslim. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here